Mohon tunggu...
Azam Azizi
Azam Azizi Mohon Tunggu... Freelancer - Penulis Amatiran banyak maunya.

Saya hanya seorang Penulis amatir, berkeinginan untuk menjadi seorang jurnalis tapi ga pernah kesampeannn soale kerjaannya cuma maen game..

Selanjutnya

Tutup

Pendidikan

RPP 1 Lembar SMP Revisi 2020 Semester 1 dan 2 Semua Kelas

2 Juli 2020   18:52 Diperbarui: 28 Mei 2021   14:15 6518 1 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
RPP 1 Lembar SMP Revisi 2020 Semester 1 dan 2 (unsplash/aaron burden)

Sudahkah anda memiliki RPP 1 Lembar SMP revisi 2020 Semester 2 secara Lengkap? Jika belum maka di sinilah anda bisamendapatkan informasi terkait hal tersebut. 

Dalam melaksanakan tugasnya sebagai guru, seorang pendidik / guru harus memiliki panduan dalam proses pembelajaran. Ini perlu dilakukan agar proses pembelajaran yang diberikan kepada siswa berjalan dengan baik dan optimal. Panduan guru dalam menerapkan proses pembelajaran dijelaskan dalam bentuk rencana pelajaran.

Terkait dengan pembuatan RPP, Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Nadiem Makarim mengatakan bahwa sehubungan dengan kebijakan belajar mandiri, Rencana Implementasi Pembelajaran (RPP) perlu disederhanakan (Jpnn.com). 

RPP dibuat oleh sesama guru dengan puluhan komponen seperti (1) identitas sekolah, (2) identitas subjek atau tema / sub-tema (3) kelas dan semester (4) materi pelajaran (5) alokasi waktu (6) tujuan pembelajaran, (7)) Indikator kompetensi dasar (KD) dan pencapaian kompetensi (8) materi pembelajaran (9) metode pembelajaran (10) media pembelajaran (11) sumber belajar (12) langkah pembelajaran (13) penilaian hasil pembelajaran. 

Baca juga : RPP PPKn SMP 1 Lembar

Tiga belas komponen disederhanakan menjadi TIGA KOMPONEN: tujuan pembelajaran, langkah-langkah pengajaran, dan penilaian pembelajaran, sedangkan bahan lainnya hanya pujian.

Dalam masing-masing tiga komponen rencana pelajaran, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan ketika kita ingin membuat rencana pelajaran. Lembar 1.

Beberapa di antaranya adalah sebagai berikut:

Sehubungan dengan membuat lembar rencana pelajaran, tujuan pembelajaran mengacu pada:

  1. Tujuan Pembelajaran harus ditulis mengenai kurikulum 2013 dan kebutuhan belajar siswa.
  2. Tujuan Pembelajaran dalam rencana pelajaran menggambarkan seluruh proses dan hasil pembelajaran yang diharapkan dapat dicapai oleh siswa dan di bawah kompetensi esensial
  3. Dalam menyiapkan tujuan pembelajaran dalam rencana pelajaran yang jelas, harus dirumuskan berdasarkan kompetensi esensial menggunakan Operational Verbs (KKO) yang dapat diamati dan diukur dengan mencakup sikap, pengetahuan, dan keterampilan.

Baca juga : Pelatihan Rancangan Pembelajaran (RPP) Ringkas Satu Lembar untuk Guru IPS SMP Kabupaten Malang

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Pendidikan Selengkapnya
Lihat Pendidikan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan