Mohon tunggu...
Nabila
Nabila Mohon Tunggu... Guru - Guru

Perempuan Pecinta Cokelat_Pemilik Akun Fb Nabila Shobawa_I am Sure I Will ...

Selanjutnya

Tutup

Pendidikan

Pembedahan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) dengan Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ) di Tahun Baru 2021

3 Januari 2021   05:25 Diperbarui: 3 Januari 2021   05:28 637 7 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun

Awal tahun baru 2021 menjelang berakhirnya liburan dan dimulainya proses pembelajaran tinggal menghitung hari saja dan siswa akan kembali belajar. Berbagai daerah menyebutkan akan membukakan proses pembelajaran secara tatap muka dan ada pula yang akan bertahan dengan proses pembelajaran seperti hal nya pada semester 1 yakni belajar secara online. Beberapa keputusan masih terus didiskusikan berkaitan kembali belajar siswa dengan melihat sisi pendidikan dan kesehatan di masa covid-19. Bagi daerah saya, Indramayu termasuk kedalam zona kuning berencana untuk tetap melaksanakan poroses pembelajaran secara online atau daring (dalam jaringan). 

Sebagai seorang guru tentu harus mempersiapkan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) sedini mungkin karena di semester 2 ini akan menggunakan proses Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ). Pembedahan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) Dengan Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ) Di Tahun Baru 2021 membuat saya berpikir dua kali. Berbekal pengalaman di semester yang lalu, pembelajaran jarak jauh bagi saya kurang maksimal karena ada beberapa siswa yang tidak mengikuti proses pembelajaran jarak jauh sesuai waktu yang telah di tentukan oleh sekolah yang berakibat siswa tersebut mengalami ketertinggalan materi.

Pembedahan ini tentu menguras pikiran saya untuk menuangkan ide rencana apa yang akan saya buat untuk merubah proses Pembelajaran Jarak Jauh semenarik mungkin yang di kemas secara praktis namun tetap menarik yang nantinya akan saya tuangkan kedalam Rencana Pelaksanaan Pembelajaran yang akan saya buat. Sebagai tenaga pendidikan yang mengajar mata pelajaran Matematika tentu saya berusaha semaksimal mungkin agar proses pembelajaran yang dilakukan secara online dapat maksimal sama halnya seperti proses pembelajaran bertatap muka.

Menumbuhkan kretifitas anak di saat pembelajaran jarak jauh memang bukan tidak mungkin, hanya saja itu tidak mudah. Dibutuhkan kerjasama antara guru dan siswa sehingga terciptalah proses pembelajaran yang aktif dan kreatif. Sebagai salah satu alternatif yang dapat saya rencankan saat ini adalah selain perangkat pembelajaran yang di desain sedemikian rupa juga media pembelajaran yang nantinya akan digunakan pada proses pembelajaran jarak jauh berlangsung. Besar harapan saya agar semua siswa mengikuti kegiatan pembelajaran jarak jauh semaksimal mungkin dan tetap menjaga kesehatan untuk tidak berpergian keluar rumah jika di rasa tidak penting.

Indramayu, 03 Januari 2021 | 05: 25

Mohon tunggu...

Lihat Konten Pendidikan Selengkapnya
Lihat Pendidikan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan