Mohon tunggu...
Arofiah Afifi
Arofiah Afifi Mohon Tunggu... Guru - Guru Paud.

Hobi membaca, menulis blog. Penulis artikel, sedang mendalami fiksi dan Sastra.

Selanjutnya

Tutup

Pendidikan

Guru Penggerak Bukan Guru Biasa

30 September 2022   12:30 Diperbarui: 30 September 2022   12:37 161 19 10
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Sumber ilustrasi file-guru-mengajar.png

Gang tentang guru penggerak semakin buming, dan berdampak sangat positif bagi kemajuan pendidikan Indonesia.

Menyimak penjelasan  bapak menteri tentang guru, bahwa " Guru yang baik adalah guru yang mampu mengajar dengan kreatif dan inovatif. Guru yang baik, juga mampu  mengembangkan kompetensi dirinya secara aktif. Sebagai seorang guru"  masih menurut bapak Mentri Nadim  bahwa peran guru yang baik belumlah cukup, Seorang guru harus menjadi guru penggerak.  kata  bapak mentei Nadiem dalam peluncuran Program Guru Penggerak.

Jadi menurut beliau, Guru penggerak, yaitu guru yang mempunyai semua karakteristik guru yang baik, yang telah disampaikan di atas tadi,  serta, sebagai seorang guru penggerak,  mereka memiliki kemampuan untuk memimpin, berinovasi, dan melakukan perubahan. Sehingga mereka mampu mendorong tumbuh kembang murid, di dalam dan di luar kelasnya. Guru penggerak mendorong siswa untuk tumbuh secara holistik alias keseluruhan  sesuai Profil Pelajar Pancasila.

Lebih lengkap lagi, Om Jay menuliskan di dalam buku yang berjudul Guru Penggerak, terdapat banyak pendapat tentang karakteristik tugas dan fungsi guru penggerak, diantaranya sebagai berikut:

Guru penggerak adalah agen transfermasi untuk perubahan pendidikan kearah yang lebih baik, sebagai mana seorang guru adalah sebagi pemimpin pembelajaran. Dia bergerak tidak hanya untuk dirinya, muridnya, namun harus mampu menggerakkan komunitas di sekitarnya, untuk maju bersama. Berlandaskan pemikiran kihajar Dewantara bahwa setiap anak adalah unik dan mampu menggali minat, bakat, potensi dan setiap anak punya kodratnya masing-masing.

Guru penggerak adalah guru yang mampu mengarahkan siswa sesuai keuniknnya, menjadi lebih baik serta mampu mengimplementasikan dalam kehidupan sehari-hari sebagai bekal hidup dimasa mendatang.

Guru penggerak adalah guru yang penuh inovasi,  memotivasi, dan menginspirasi serta menajdi teladan. 

Guru penggerak mampu memajukan dunia pendidikan menjadi lebih baik dan dapat bersaing secara sehat di era 4.0.

Guru penggerak adalah guru yang seorang guru yang visioner, konseptor, dan senang menghadapi tantangan, siap berkolaborasi dalam konteks merdeka belajar. 

Guru penggerak adalah pemimpin pembelajaran yang mendorong tumbuh kembang siswa secara, holistik, aktif dan proaktif dalam mengembangkan pendidikan untuk mengimplementasikan pembelajaran berpusat pada siswa. Menjadi teladan, agen transfermasi ekosistem pendidikan untuk mewujudkan profil pelajar Pancasila.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
Mohon tunggu...

Lihat Konten Pendidikan Selengkapnya
Lihat Pendidikan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan