Mohon tunggu...
Mawan Sidarta
Mawan Sidarta Mohon Tunggu... Abah (Bah Mrono, Bah Mrene 😁💪👊)

Usaha kecil-kecilan di rumah. 😀😀** E-mail : mawansidarta@yahoo.co.id atau mawansidarta01@gmail.com https://m.detik.com/travel/detiktravel-inside /d-2463089/sambutlah-ini-dia-petualang-terbaik-tahun-2013 😀😀** https://www.kompasiana.com/kompasiana/556c4b3141afbdfd038b456f/blog-competition-ceritamu-bersama-secangkir-kopi 😀😀** https://www.federaloil.co.id/amp-detail/umum/3371-laporan-blogger-peserta-federal-oil-goes-to-sepang-apa-enaknya-nonton-motogp-2# 😀😀** https://www.youtube.com/channel/UCW6t_nUm2OIfGuP8dfGDIAg 😀😀** https://www.instagram.com/mawansidarta https://www.facebook.com/mawan.sidarta https://twitter.com/MawanSidarta1

Selanjutnya

Tutup

Lingkungan Artikel Utama

Membuat Bak Sampah Keren Cara Asyik Menjaga Kebersihan Lingkungan di Tengah Pandemi

4 Maret 2021   17:30 Diperbarui: 5 Maret 2021   16:08 267 13 5 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Membuat Bak Sampah Keren Cara Asyik Menjaga Kebersihan Lingkungan di Tengah Pandemi
Cukup keren untuk ukuran sebuah bak sampah (Dokumentasi Mawan Sidarta)

Di tengah berlangsungnya proses vaksinasi sinovac, beberapa hari belakangan masyarakat di tanah air dikejutkan dengan temuan kasus Covid-19 mutasi baru B117 yang ditengarai berasal dari Inggris.  

Dua orang warga Karawang, Jawa Barat yang pernah bekerja sebagai buruh migran di Arab Saudi terbukti sebagai pengidap Covid-19 B117 itu. Untungnya setelah menjalani perawatan secara intensif, pihak RSUD Karawang menyatakan kedua warga tadi sembuh total dari virus mutasi baru B117.  

Sebenarnya temuan kasus varian baru B117 itu sudah terjadi pada Januari 2021 yang lalu namun diberitakan media pada awal Maret ini.  

Dengan munculnya kasus virus mutasi baru B117 ini tentu menjadi cambuk bagi pemerintah pusat dan khususnya Pemda Karawang serta masyarakat luas agar lebih waspada mengingat virus varian baru ini lebih cepat menyebar dan ngerinya lagi bila tidak mempan dengan obat atau vaksin yang ada.  

Pemerintah Daerah (gugus tugas penanganan Covid-19) Karawang setelah temuan kasus varian baru B 117 itu bertindak sigap dengan melakukan tracing (pelacakan) kontak erat terhadap 15 orang dan hasilnya akan dianalisis di laboratorium Kementerian Kesehatan.  

Contoh bak sampah keren lainnya (Dokumentasi Mawan Sidarta)
Contoh bak sampah keren lainnya (Dokumentasi Mawan Sidarta)
Dengan kejadian munculnya kasus varian baru B117 masyarakat diimbau untuk tetap tenang dan melakukan disiplin ketat terhadap poin-poin protokol kesehatan (prokes) yang sudah ada yaitu 5M yang meliputi: rajin mencuci tangan dengan sabun (disinfektan) yang dianjurkan menggunakan air mengalir selama minimal 20 detik. 

Memakai masker bila beraktivitas keluar rumah, menjaga jarak fisik (physical distancing), menghindari kerumunan, dan menghindari kontak erat dengan pasien (carrier = pembawa virus).  

Tidak cukup dengan hanya menjalankan disiplin ketat 5M prokes tadi melainkan juga menjaga kesehatan (daya tahan/imunitas) tubuh.  

Upaya yang bisa dilakukan agar daya tahan tubuh tetap terjaga, beberapa di antaranya: rajin mengonsumsi makanan sehat, berolahraga secara teratur serta menjaga agar pikiran tetap tenang, tentram, dan hepi.  

Menjaga kebersihan lingkungan

Lalu bagaimana dengan upaya menjaga kebersihan lingkungan (sanitasi) sekitar rumah? 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x