Mohon tunggu...
Masykur
Masykur Mohon Tunggu... Freelancer - Avid reader, kind and thoughtful.

Content writer - parenting and childhood education. Contact : masykurten05@gmail.com

Selanjutnya

Tutup

Edukasi Artikel Utama

Authoritarian, Gaya Asuh Penyebab Anak Mudah Takut dan Cemas

16 Januari 2022   16:36 Diperbarui: 17 Januari 2022   08:00 1033 15 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Ilustrasi gaya asuh authoritarian (otoriter) bisa berdampak buruk pada anak.| Sumber: Freepik via parapuan.co

Authoritarian (otoriter) adalah satu diantara 4 gaya asuh yang memiliki efek negatif bagi anak. Dua ciri khas gaya asuh ini yaitu: (1). Sangat kritis dan mengontrol, (2). Sedikit memuji

Orangtua yang masuk dalam kategori gaya asuh ini condong ingin mendisiplinkan anak dengan menekankan rasa hormat dan tuntutan agar anak tunduk dan patuh kepada orangtua.

Adapun gaya asuh authoritarian juga fokus pada aturan dan hampir tidak memberikan ruang gerak pada anak. Rumah dengan pola asuh ini identik tertutup karena anak lebih banyak berada di dalam rumah.

Apakah saat ini masih ada orangtua yang menerapkan pola asuh seperti ini? Jawabannya tentu saja masih. Meskipun demikian, banyak orangtua yang juga sudah beralih ke gaya asuh lebih fleksibel seperti authoritative dan permissive. Saya akan membahas ini di tulisan lainnya.

Nah, gaya asuh authoritarian ternyata memiliki efek buruk pada anak YAITU MUDAH CEMAS DAN GAMPANG MENYERAH.

Ilustrasi gambar: www.parentingforbrain.com
Ilustrasi gambar: www.parentingforbrain.com

Sifat Otoriter Menyebabkan Anak Terkekang

Diantara beberapa hal yang menjadikan anak terkekang yaitu peraturan yang dibuat orangtua begitu ketat, tuntutan orangtua yang terkadang bertolak belakang dengan keinginan anak, serta kurangnya perhatian ke anak.

Gaya asuh authoritarian mengedepankan tujuan dari yang lain. Anak dituntut untuk fokus pada 'peta' yang sudah disiapkan orangtua. Misalnya, anak harus ikut aturan orangtua, tidak boleh membantah, dan dilarang memilih keinginan sendiri.

Memang sekilas gaya asuh ini punya sisi positif, yaitu anak akan taat pada orangtua dan lebih disiplin. Sayangnya, sifat otoriter dapat berdampak pada sisi psikologis anak.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Edukasi Selengkapnya
Lihat Edukasi Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
LAPORKAN KONTEN
Alasan