Mohon tunggu...
Moch. Alif Shokhibul Hikam
Moch. Alif Shokhibul Hikam Mohon Tunggu... Lainnya - edukasi

bismillah

Selanjutnya

Tutup

Edukasi Pilihan

Penjelasan Singkat Fungsi Psikologi Industri Organisasi

20 September 2021   18:15 Diperbarui: 20 September 2021   18:29 241 3 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Penjelasan Singkat Fungsi Psikologi Industri Organisasi
Ilustrasi Lingkungan Kerja PIO (sumber: ilustrasi pribadi)

Jika berbicara tentang memulai usaha, apa unsur paling utama dalam memulai usaha tersebut menurut anda? pastinya akan banyak yang menjawab Modal, Produk, Konten, Pasar, Lapak dan lain sebagainya, jawaban-jawaban tersebut sudah benar adanya, tetapi dalam bentuk konteks unsur yang penting saja. 

Sedangkan unsur paling utama yakni adalah SDM  atau bisa diartikan orang yang memulai usaha atau menjalankan usaha itu sendiri. 

Dari sini kita sudah memahami seberapa utamanya SDM sebagai tonggak utama yang menentukan naik turunya sebuah usaha atau bisnis yang akan dirintis maupun yang sudah dijalankan. 

Akan tetapi, faktanya SDM pulalah yang merupakan faktor  paling rentan mengalami ketidakstabilan, karena SDM sendiri adalah manusia dan manusia akan berubah setiap waktunya. 

Manusia tidak akan bisa melakukan hal yang sama seperti waktu-waktu sebelumnya, adapun yang dilakukan hanyalah persis seperti waktu sebelumnya akan tetapi tidak sama indentik dengan yang dilakukanya dahulu. 

Sebagai contoh: tidak menjamin seorang yang memiliki pengalaman kerja puluhan tahun akan profesional hingga akhir hayatnya, mungkin saja performanya bisa hancur dalam beberapa hari dikarenakan ada permasalahan dalam keluarganya, karena seprofesional apapun manusia tetaplah manusia. 

Mereka mempunyai perasaan, naluri, hasrat dan pikiran, hal itulah yang tidak akan bisa dirubah oleh siapapun, termasuk oleh manusia itu sendiri.

Psikologi Industri Organisasi (PIO)

Untuk mengatasi masalah tersebut, dunia kerja telah mengembangkan sebuah cabang keilmuan dari Psikologi yakni, Psikologi Industri Organisasi (PIO).

Menurut Munsterberg, "Psikologi industri merupakan ilmu yang mempelajari mengenai tingkah laku  manusia di dalam dunia pekerjaan" jadi bisa disimpulkan bahwa PIO adalah sebuah ilmu yang mempelajari perilaku manusia baik sebagai pekerja maupun konsumen, baik dalam bentuk perorangan maupun kelompok, yang bertujuan demi kemanfaatan, kebaikan serta kestabilan bersama. 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x
LAPORKAN KONTEN
Alasan