Mohon tunggu...
marlinda yasinta bimbar
marlinda yasinta bimbar Mohon Tunggu... nikmati hidup,and respect to other people

jadilah orang baik,maka kamu akan bahagia

Selanjutnya

Tutup

Ekonomi

Apa Itu The Day of the Week Effect?

29 Maret 2020   01:42 Diperbarui: 29 Maret 2020   02:26 13 0 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Apa Itu The Day of the Week Effect?
antara foto

Marlinda Yasinta Bimbar 

Prodi Akuntansi A Pagi FEB Unmas Denpasar 

ketika mendengar the day of the week effect pasti kalian bertanya-tanya apa sih the day of the week effect ini ?, dan bagaimana sih perdagangan yang terjadi dalam the day of the week effect ini ?

Jadi the day of the week effect ini adalah suatu fenomena perdagangan yang terjadi selama satu minggu,atau diartikan juga sebagai suatu pola yang mengacu pada perilaku return saham di sebuah pasar modal dari hari ke hari dalam satu minggu. Return saham di pasar modal secara sistematis akan mengalami peningkatan yang lebih tinggi ataupun lebih rendah pada hari-hari tertentu dalam satu minggu. Pada perdagangan yang terjadi di hari senin harga sahamnya  cenderung mengalami penurunan atau tidak mengalami signifikan atau kearah negative,dan pada hari selain hari senin  yaitu hari selasa, rabu dan juma'at memberikan pengaruh yang positif tetapi tidak signifikan. Hari kamis merupakan hari yang bagus untuk melakukan perdagangan saham karena pada hari kamis memberikan pengaruh positif yang signifikan dengan rata-rata perdagangan sahamnya tinggi. pengaruh positif yang terjadi  pada perdagangan di hari kamis yang berpengaruh signifikan tersebut disebabkan oleh investor melakukan transaksi jual beli saham yang sudah di analisis sebelumnya.

 Return saham negative yang terjadi pada hari senin di pengaruhi oleh minimnya  ketersediaan informasi yang berkaitan dengan sekuritas saham yang ada di pasar modal, dimana informasi yang tersedia di hari senin tersebut merupakan informasi yang sudah lama, dan investor hanya memiliki informasi di minggu lalu. karena minimnya informasi yang diterima investor dan karena terjadinya signifikan negatif pada hari senin membuat investor kawatir sehingga investor akan melakukan penjualan atau pelepasan terhadap saham yang dimiliki dari pada membeli saham, hal ini mengakibatkan harga saham di hari senin cenderung menjadi lebih murah atau cenderung ke arah negative dibanding harga saham di hari selasa, rabu, kamis dan jumat atau dengan kata lain pola the day of the week effect ini mampu mempengaruhi dari perilaku return saham.


VIDEO PILIHAN