Mohon tunggu...
Marius Gunawan
Marius Gunawan Mohon Tunggu... Profesional

Tulisan sebagai keber-ada-an diri dan ekspresi hati

Selanjutnya

Tutup

Analisis

Debat Capres 4: Blunder dan Bumerang Prabowo

31 Maret 2019   07:46 Diperbarui: 31 Maret 2019   07:54 7175 15 3 Mohon Tunggu...
Debat Capres 4: Blunder dan Bumerang Prabowo
8f7be6a9-47e2-4b60-952b-655515cb0811-169-5ca00ceb3ba7f7497b214b07.jpeg

Sumber gambar: cnbc Indonesia

Awalnya penulis mau menganalisis secara keseluruhan debat dari sudut program yang ditawarkan kedua kandidat. Namun setelah mengikuti debat keempat ini penulis jadinya lebih tertarik untuk membahas beberapa bumerang dan blunder yang dilakukan oleh Prabowo.

Nampaknya debat kali ini tidak banyak menawarkan hal baru. Jokowi tetap secara runtut menjelaskan apa yang sudah dilakukan dan visinya ke depan, sedang Prabowo tetap fokus pada kelemahan dan pandangan negatifnya pada situasi Indonesia saat ini. 

Debat yang awalnya adem ayem berubah menjadi bergairah justru karena pernyataan - pernyataan Prabowo yang blunder dan kontroversial.

Blunder pertama Prabowo adalah dia selalu coba mengkritisi Jokowi, namun dalam serangan nya kalimat yang terulang adalah: "Saya tahu ini bukan salah bapak.... Saya tidak tahu ini salah siapa?". 

Mungkin maksud Prabowo agar dia tidak terkesan menyerang pribadi Jokowi, namun yang nampak justru dia sepertinya tidak menemukan titik lemah Jokowi. 

Hal itu semakin jelas karena kemudian dia menyalahkan orang yang berada di sekeliling Capres 01 ini. 

Dalam isu pertahanan Prabowo beberapa kali mengulang, "Yang salah itu orang yang briefing bapak.... Mental Asal Bapak Senang ABS...". Suatu pernyataan yang sama sekali tidak menyudutkan Jokowi. Bahkan ini menjadi blunder kedua dari Prabowo.

Dengan mengatakan ketidakpercayaan pada para mantan koleganya di TNI, dan bahkan secara terang - terangan dia juga menyalahkan para mantan komandan nya yang tidak secara akurat memprediksi situasi keamanan Indonesia, sebenarnya Prabowo sedang membuat front perselisihan baru. 

Pasti di antara para yang hadir dalam acara ada para mantan komandannya, juga mantan anak buahnya. Apa perasaan dan pendapat mereka menyaksikan pernyataan - pernyataan Prabowo itu?

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
VIDEO PILIHAN