Mohon tunggu...
Herlina Hesti
Herlina Hesti Mohon Tunggu... Guru - Hesti

Less is moreπŸ’“

Selanjutnya

Tutup

Healthy Pilihan

2 Cara Mudah Bisa Langsing, dengan Porsi Makan yang Banyak

6 Mei 2022   20:03 Diperbarui: 7 Mei 2022   06:25 198 3 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Sebagian besar dari kita ingin tampil cantik, khususnya memiliki berat badan yang ideal, atau ketika melihat orang lain dengan berat badan yang ideal kita langsung tertarik ingin punya bentuk badan seperti orang itu. Sebagian dari kita mulai mencari tahu jenis makanan apa yang bisa membuat berat badan menjadi ideal.

Setelah mengetahui, sebagian dari kita mulai mencoba untuk mengubah pola makan, dan mencoba berbagai macam diet. Mungkin sebagian dari anda rela berlapar-lapar, menakar-nakar makanan, dan mengatur jam makan, untuk mencapai berat badan yang diinginkan. Karena efek dari pola makan diatas, kemudian anda merasa lemas, sakit, pusing yang dikarenakan nutrisi yang dibutuhkan tubuh menjadi kurang. Saya sebelumnya juga mengalami hal yang sama. Tubuh membutuhkan makanan yang baik dan cukup. Terlepas dari itu, saya yakin sebagian besar dari kita akan merasa happy jika makan makanan dengan porsi yang banyak sehingga bisa memuaskan.

Berikut ada 2 hal yang ingin saya bagikan bagaimana cara saya menurunkan berat badan yang signifikan dalam waktu Tiga bulan

1. MemilihΒ makanan yang tepat

Tuhan menciptakan alam semesta dengan sangat unik dan lengkap sesuai dengan tupoksinya masing-masing, sebagai manusia kita memiliki kuasa untuk makhluk lain, sebagian besar untuk di konsumsi dan sebagian lagi untuk di jual.

Sebagai manusia, kita harus mencari tahu makanan apa yang sebenarnya dibutuhkan oleh tubuh kita. Ketika kita memasukan makanan ke dalam tubuh kita seolah-olah tubuh kita mengatakan "terimakasih sudah mengisi dengan makanan ini, karena akan membantu saya mudah megolahnya" dengan begini, biasanya tubuh memberikan sinyal, dimana kita merasa tubuh begitu ringan, bangun pagi terasa segar, dan rasanya kita siap menjalani hari. Atau sebaliknya saat kita memasukan makanan kedalam tubuh kita, tubuh seolah-olah menangis dengan mengatakan "tolong berhentilah memasukan makanan itu, karena saya harus bekerja lebih karas lagi untuk mengolahnya" kadang-kadang tubuh memberikan sinyal dengan hal-hal yang menyakitkan.

Lalu, makanan apakah yang sebenarnya dibutuhkan oleh tubuh kita, yang menyehatkan dan dapat menurunkan berat badan? Menurut para ahli, orang menjadi gemuk karena mengkonsumsi gula yang berlebih, gula yang banyak dikonsumsi kemudian lama kelamaan akan menjadi lemak. Jadi, kita bisa menghindari mengkonsumsi gula yang sudah di proses menjadi butiran-butiran putih. Anda bisa menggantinya dengan mengkonsumsi buah-buahan, atau makanan alami lainnya yang manis.

Pengalaman saya menurunkan berat badan dari 65 kg ke 48 kg dalam waktu kurang lebih Tiga bulan, dengan cara hanya mengkonsumsi real food. Real food adalah makanan alami yang tumbuh di bumi dan disinari langsung oleh matahari seperti sayur-sayuran, kacang-kacangan, ubi-ubian, biji-bijian, buah-buahan, daging-dagingan yang segar, telur dll. Dalam mengkonsumsi makanan tersebut, hal yang terpenting adalah pengelolahannya, dimana tidak berlebihan. Misalnya bahan makanan yang dijemur, kemudian direbus, setelah itu dibiarkan dikulkas berhari-hari lalu dikonsumsi. Hal itu sudah mengurangi kadar gizi dalam makanan tersebut. Sebaiknya makanan yang sudah diolah langsung dikonsumsi atau jika harus menyimpannya jangan sampai bermalam. Untuk jenis makanan yang mentah bisa disimpan di kulkas.

Jenis makanan yang saya hindari adalah makanan yang mengandung bahan kimia atau makanan kemasan yang diolah berkali-kali, di simpan berhari-hari, berbulan-bulan bahkan tahun dan ada tulisan expirednya kapan karena akan berpengaruh pada kesehatan dan bisa menambah berat badan, makanan berupa tepung-tepungan, garam karena garam mengikat cairan dalam tubuh.

Karena harus menghindari mengkonsumsi bahan-bahan kimia, maka dalam mengolah makanan hindari mencampur penyedap rasa apapun, minyak goreng, garam, kecap dan bahan yang mengandung kimia lainnya. Jika ingin menggunakan minyak goreng anda bisa menggantinya dengan minyak kelapa buatan sendiri. Lalu, bagaimana caranya agar makanan tetap enak, agar anda bisa makan yang banyak sehingga anda menjadi sehat dan berenergi? Tentunya kita bisa menggunakan bumbu-bumbu dapur yang alami seperti bawang merah, bawang putih, marica, ketumbar, jintan, jeruk lemon, seledri, tomat dan bumbu-bumbu dapur lain yang alamiah. Hal tersebut jika dipadukan menjadi satu, rasanya akan enak.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Healthy Selengkapnya
Lihat Healthy Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan