Mohon tunggu...
Margaretha
Margaretha Mohon Tunggu... A passionate learner.

Margaretha. Pengajar, Peneliti, serta Konselor Anak dan Remaja di Unit Pelayanan Psikologi di Fakultas Psikologi Universitas Airlangga sejak tahun 2004. Alumnus dari program Sarjana Psikologi, Universitas Airlangga; Posgraduate Diploma of Psychology (Neuropsychology), University of Newcastle; Graduate Certificate of Education Assessment and Evaluation, University of Adelaide; dan Research Master in Behavioural Sciences, Utrecht University. Saat ini sedang menempuh studi lanjut di University of Melbourne. Ketertarikannya dalam Psikologi Forensik, Kesehatan Mental dan Perkembangan Psikopatologi membuahkan berbagai tulisan pendek dan penelitian dalam topik kejahatan, kekerasan, trauma, kesehatan mental, autisme dan psikopatologi.(www.psikologiforensik.com)

Selanjutnya

Tutup

Edukasi Pilihan

Menyiapkan ABK Autisme Masuk Sekolah

24 Mei 2020   06:49 Diperbarui: 24 Mei 2020   08:33 127 4 3 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Menyiapkan ABK Autisme Masuk Sekolah
Belajar bersama

Saat-saat ini, orang tua tengah menyiapkan anaknya untuk masuk sekolah. Ada banyak pertanyaan di kepala orang tua. Bersumber dari pelatihan oleh Autism Association of Western Australia, tulisan ini menjelaskan beberapa tips yang bisa dilakukan orang tua anak dengan gangguan spektrum autisme (autism spectrum disorder; ASD) untuk menyiapkan dan merencanakan masuk ke Sekolah Dasar (atau Taman Kanak-kanak).

Mulai dengan refleksi diri 

Orang tua bisa merasakan kekhawatiran apakah anaknya bisa belajar, jika anaknya akan mengalami bully, apakah sekolahnya bisa menerimanya, dan sebagainya. Tidak apa. Artinya orang tua serius untuk mencari tempat terbaik untuk anaknya. Lalu, orang tua perlu mencari informasi dan bantuan yang tepat. Secara umum, ada 4 tahap persiapan: 

1.Merencanakan proses transisi.

2.Mempertimbangkan tantangan yang bisa muncul.

3.Membuat usaha berhasil.

4.Mencari sumber informasi-bantuan dalam proses sekolah anak.

1.MERENCANAKAN PROSES TRANSISI 

Intinya orang tua melakukan 2 hal:

a. Preparation - menyusun perencanaan 

b. Knowledge - memperkuat wawasan dan informasi 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
  5. 5
VIDEO PILIHAN