Mohon tunggu...
Marcel
Marcel Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswa Universitas Pamulang

An accounting student who loves art and health sciences.

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud

Pertahanan Bagi Kalangan Remaja Anti Narkoba

27 Juni 2022   03:52 Diperbarui: 27 Juni 2022   05:21 24 2 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
https://www.pexels.com/id-id/foto/kecanduan-tablet-pil-narkoba-11030157/

Setiap tahun selalu ada kasus mengenai penyebaran narkoba. Semua orang mengetahui bahwa hal buruk dapat terjadi pada pengguna narkoba. Akan tetapi, penyebaran narkoba tidak kunjung usai terutama di kalangan remaja yang menjadi masalah utama di banyak masyarakat di seluruh dunia. Penyalahgunaan narkoba tentunya sangat berdampak bagi pelaku yang dapat menyebabkan fisik dan mental menjadi lemah. Terutama kalangan remaja yang merupakan para penerus bangsa. Tidak hanya fisik dan mental, tapi moral mereka juga akan rusak.

Selain itu, para remaja dapat membebani ekonomi mereka sendiri. Di mana biaya obat-obatan yang akan dibeli dapat dikatakan sangat mahal. Dikhawatirkan mereka akan melakukan hal apa pun untuk mendapatkan obat-obatan tersebut meskipun hal yang mereka lakukan tidak baik.

Peran pemerintah dan pihak sekolah dalam melakukan kegiatan sosialisasi mengenai dampak buruk penyalahgunaan narkoba pada kalangan remaja sangatlah penting. Dengan mengetahui tentang bahaya khusus dan masalah kesehatan dari narkoba, makan akan membantu remaja untuk menghindari tindakan buruk tersebut.

Tak hanya itu, dengan kurangnya perhatian dari orang terdekat khususnya orang tua, para remaja dapat terjerumus ke hal-hal yang negatif, salah satunya dalam penggunaan narkoba. Dengan ajakan teman, orang lain, ataupun penggunaan dari media sosial yang mulai tidak terkendali dapat dengan mudah dalam meruntuhkan masa depan penerus bangsa. 

Jadi, diharapkan bagi orang tua untuk berkomunikasi dengan anak-anak mereka. Dengan meluangkan waktu bersama keluarga dan memberikan perhatian kepada mereka meskipun memiliki banyak kesibukan. Selain itu, mencari beberapa informasi nyata dalam bentuk statistik dan penjelasan tentang efek samping narkoba dan mengajarkan kepada anak-anak tentang ilmu agama agar ketika mereka beranjak dewasa dapat mengetahui tindakan yang dilakukan baik atau tidak bagi dirinya sendiri maupun lingkungan sekitar. 

Jika sudah ada yang terikat dengan narkoba, sebaiknya ditindaklanjuti dengan melakukan perawatan se dini mungkin. Perawatan yang diterapkan dapat lebih mudah membantu remaja pecandu narkoba untuk melepaskan diri mereka dari tindakan yang merugikan tersebut. Dengan demikian, tindakan penyalahgunaan narkoba di kalangan remaja dapat ditangani.

Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan