Mohon tunggu...
MomAbel
MomAbel Mohon Tunggu... Apoteker - Mom of 2

Belajar menulis untuk berbagi... #wisatakeluarga ✉ ririn.lantang21@gmail.com

Selanjutnya

Tutup

Edukasi Artikel Utama

Menyikapi Balita yang Senang Memainkan Alat Kelaminnya

23 Agustus 2021   06:00 Diperbarui: 27 Agustus 2021   12:10 801 28 6
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Menyikapi Balita yang Senang Memainkan Alat Kelaminnya
Menyikapi balita yang senang memainkan alat kelaminnya (Foto ilustrasi : dokpri MomAbel)

 

Banyak tantangan ketika menjadi orangtua. Beda anak tentu beda karakter. Beda jenis kelamin pun ternyata beda peristiwa pada fase tumbuh-kembangnya. Karenanya, orangtua dituntut untuk terus belajar.

Belum lama ini, saya cukup kaget melihat si Bungsu laki-laki (4 tahun) yang sering memegang alat kelaminnya. Kadang memainkannya. Tiap kali seperti itu, saya selalu bilang "Ayo tutup celananya, malu loh!" Dia pun menurut.

Jika sudah begitu saya alihkan dengan bermain atau mengobrol. Namun suatu hari saat mandi, tiba-tiba dia berkata "Mommy, look... it is just like a ball!"

Waduhh... seketika juga saya menaikkan alis mata. Saya lihat dia sedang memegang alat kelaminnya dan memainkan sembari mengeksplorasi bentuknya.

"Oh iya, tapi jangan dipegang lagi. Yuk sikat gigi, " kata saya untuk mengalihkan. Saya berusaha untuk terlihat biasa meskipun kaget. Setelah itu ya sudah, dia tak lagi seperti itu.

Dari situlah saya mulai perdalam masalah ini karena setahu saya memainkan alat kelamin pada balita itu normal. Hanya saja daripada tidak salah, saya cek-ricek dan belajar lagi.

Jujur saja, ini adalah hal baru karena si Sulung perempuan dan tidak melewati fase seperti ini.

Lucunya lagi, disaat kakaknya sudah memasuki pubertas, adiknya justru sedang getol-getolnya bermain dan eksplorasi. Begini akibatnya jika jarak lumayan jauh. Orangtua harus memulai dari awal lagi hehe

Normal Kok Jika Balita Memainkan Alat Kelamin!

Dari banyak artikel yang saya baca, selain perkembangan fisik dan psikologis ternyata anak juga mengalami perkembangan psikoseksual.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
Mohon tunggu...

Lihat Konten Edukasi Selengkapnya
Lihat Edukasi Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
LAPORKAN KONTEN
Alasan