Mohon tunggu...
MomAbel
MomAbel Mohon Tunggu... Apoteker - Mom of 2

Belajar menulis untuk berbagi... #wisatakeluarga ✉ ririn.lantang21@gmail.com

Selanjutnya

Tutup

Travel Story Artikel Utama

Menikmati Indonesia Rasa Eropa di Kediri

13 Januari 2018   21:09 Diperbarui: 14 Januari 2018   13:22 5260
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Akhir tahun adalah waktu yang tepat untuk berlibur. Tujuannya adalah supaya punya energi dan semangat baru di awal tahun seperti sekarang ini. Liburan akhir tahun kemarin, saya mengajak keluarga kecil saya menjelajah Kediri, Jawa Timur. Banyak yang heran dengan tujuan liburan ini, karena saya bukan berasal dari sana dan tidak punya keluarga yang tinggal disana.

Sebenarnya tujuan utama saya adalah berziarah ke gua Maria Lourdes Puhsarang. Tapi setelah saya pikir, sepertinya seru juga menjelajah suatu tempat yang kita tidak tahu sebelumnya. Buat saya, yang penting ada hotel yang memadai dan nyaman untuk keluarga. 

Dan setelah berkeliling, saya menyukai kota ini. Menjelajah berbagai tempat, meskipun tak ada yang heboh tapi ada beberapa tempat yang unik dan sayang dilewatkan kalau kesini. Liburan di Indonesia tapi rasa "Eropa". Berikut daftar tempatnya:

1. Monumen Simpang Lima Gumul

Dari namanya, saya sempat berpikir tempat ini hanya bundaran biasa seperti simpang lima di Semarang. Ternyata Simpang Lima Gumul (SLG) ini adalah "Arc de Triomphe"-nya Kediri. Jika di Paris, Arc de Triomphe tingginya mencapai 50 meter, SLG hanya separuhnya yaitu 25 m. Namun, tidak mengurangi kegagahan monumen ini. 

Monumen Simpang Lima Gumul, Kediri. Dokumentasi pribadi
Monumen Simpang Lima Gumul, Kediri. Dokumentasi pribadi
SLG bisa diakses melalui 3 pintu bawah tanah. Ketika memasuki lorongnya, kita akan melihat foto-foto tempat wisata dan budaya-budaya yang ada di Kediri. 

Lorong bawah tanah menuju monumen SLG (Dok. Pribadi)
Lorong bawah tanah menuju monumen SLG (Dok. Pribadi)
Di tiap sudut SLG diletakkan patung Ganesha. Di sisi-sisi bangunan SLG terdapat relief yang menggambarkan perjuangan, seni, dan budaya Kediri.

Relief yang ada di monumen SLG (Dok. Pribadi)
Relief yang ada di monumen SLG (Dok. Pribadi)
SLG merupakan tempat favorit di Kediri. Tempat ini bersih dan bebas sampah.  Taman pun tertata dan terawat rapi. Bahkan, pemerintah setempat memasang pagar pelindung dari bambu untuk menghindari taman terinjak dan rusak saat perayaan malam tahun baru 2018 kemarin.

Berkunjung kesana, jika sedang hari libur akan sangat padat dan ramai. Beberapa pengunjung asyik berfoto atau sekedar duduk-duduk. Ada toko sovenir dan Tourist Information Center disini.

Dok. Pribadi
Dok. Pribadi
 Yang saya lewatkan di sini adalah naik hingga ke lantai 6. Ada lift yang akan membawa kita keatas. Karena sendirian, saya kurang berani untuk ikut naik lift ke atas hihihi... Tapi saya sudah puas sih, bisa berpose seolah sedang di kota Paris hehe

Rasanya kayak di Paris... (Dok. Pribadi)
Rasanya kayak di Paris... (Dok. Pribadi)
2. Gua Maria Lourdes Puhsarang

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Travel Story Selengkapnya
Lihat Travel Story Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun