Mohon tunggu...
Mas Malindo
Mas Malindo Mohon Tunggu...

Saya adalah seorang publisher di http://malindo.my.id/ yang berharap dapat mengembangkan Ide dan Gagasan terbaru saya pada Forum Kompasiana demi kemajuan yang saya harapkan .

Selanjutnya

Tutup

Gaya Hidup

Tahukah Anda Cara Membuat Bakso? Yuk Dicoba

20 Oktober 2016   12:16 Diperbarui: 20 Oktober 2016   12:39 80 0 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Tahukah Anda Cara Membuat Bakso? Yuk Dicoba
Sumber : http://malindo.my.id

Sebelum tahu bagaimana Cara Membuat Bakso lebih baik kita ketahui terlebih dahulu tentang fakta Bakso. Bakso adalah Bola Daging yang melengkapi ragam kuliner Indonesia, Bakso juga sering di sebut dengan Baso, dimana didalamnya sama-sama berisi Daging yang telah digiling dan diselimuti dengan hasil adonan tepung tapioka. Tapi itu hanya umumnya saja, beberapa diantaranya telah mencampurkan daging lain kedalam bakso, seperti misalkan daging Ayam, Urat, Ikan, Udang, bahkan ada yang berisi sayur. Wajar saja, di Indonesia terdapat begitu banyak jenis bakso, diantaranya adalah Bakso Unyil, Bakso Balungan, Bakso Kerikil, Bakso Bakar, Bakso Keju, Bakso Solo, Bakso Wonogiri, Bakso Karimunjawa, Bakso Malang, dan masih banyak lagi jenisnya. Dan berikut adalah Cara Membuat Bakso dari resep aslinya, artinya belum dikombinasi seperti jenis-jenis bakso yang telah kami sebutkan tadi. 

Bahan Utama :

- Putih Telur 1 Butir

- Tepung Tapioka / Kanji 100 gram

- Daging Sapi 300 gram / Daging Ayam / Kerbau / Kambing

- 1 Sendok teh Merica bubuk

- Bawang putih 2 siung

- 1 Sendok teh Garam

Cara Membuat Bakso :

Langkah pertama ambilah Daging sapi atau daging apa saja terserah yang penting halal dan bukan daging (#sensor) . Cincang daging tersebut atau giling hingga hancur. selagi menggiling campurlah dengan garam agar merata .Selanjutnya uleni bahan tersebut dan diikuti dengan memasukannya merica bubuk dan bawang putih . Setelah itu masukan semua bahan yang masih tersisa dan uleni atau aduk hingga tercampur sempurna .

Bahan sudah siap, kini saatnya mengetahui Cara Membuat Bakso dengan meremas-remasnya agar menjadi bulatan-bulatan bakso sesuai selera. Cara meremasnya tidak sembarangan, ambilah adonan dan genggam secara perlahan agar adonan keluar diantara ibu jari dan jari telunjuk. pastikan berbentuk bulat, lalu ambilah menggunakan sendok agar hasilnya semakin bulat layaknya bakso pada umumnya .

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x