Mohon tunggu...
Sucahya Tjoa
Sucahya Tjoa Mohon Tunggu... Saya seorang pengusaha dan konsultan teknik aviasi, waktu senggang gemar tulis menulis. http://sucahyatjoa.blogspot.co.id/

Saya seorang pengusaha dan konsultan teknik aviasi, waktu senggang gemar tulis menulis. http://sucahyatjoa.blogspot.co.id/

Selanjutnya

Tutup

Kesehatan Pilihan

Apa Hasil Penelusuran Covid 19 Tim Ahli WHO di Wuhan Tiongkok?

10 Februari 2021   20:02 Diperbarui: 10 Februari 2021   20:25 472 3 1 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Apa Hasil Penelusuran Covid 19 Tim Ahli WHO di Wuhan Tiongkok?
Sumber: www.afp.com

Setelah karantina dua minggu, Tim peneliti WHO muncul dari hotel mereka untuk pertama kalinya sejak kedatangan mereka di kota Wuhan, Tiongkok dan mereka langsung mulai mencari petunjuk tentang asal-usul pandemi COVID-19.

Kunjungan tersebut telah dirahasiakan: Rincian rencana perjalanan mereka belum dirilis, dan tidak diketahui seberapa banyak akses yang akan diberikan Tiongkok kepada para peneliti ke situs yang ingin mereka kunjungi dan orang yang ingin mereka ajak bicara atau wanwancarai.

Para ilmuwan WHO berharap memperoleh informasi tentang kasus paling awal dari virus korona baru (Covid-19) - yang pertama kali diidentifikasi di Wuhan - akan membantu mereka lebih memahami dari mana asalnya dan mencegah pandemi serupa di masa depan.

Para peneliti di seluruh dunia sangat ingin mendapatkan akses ke sampel yang diambil dari Pasar Seafood (Makanan Laut) Huanan, yang mengalami wabah awal, dan catatan rumah sakit Wuhan.

Tim berharap dapat mengunjungi pasar itu sendiri serta lokasi kasus awal lainnya. Bisa datang ke laboratorium di Institut Virologi Wuhan yang dibangun setelah pandemi SARS 2003 dan menyimpan arsip ekstensif urutan genetik kelelawar coronavirus. Pejabat AS di pemerintahan Trump sebelumnya menuduh tanpa menunjukkan bukti bahwa virus itu lolos dari institut tersebut.

Ada beberapa ahli yang mengatakan sepertinya virus korona baru (SAR-Cov2) muncul dari laboratorium di Wuhan dan mengatakan analisis genom virus korona baru tidak mengesampingkan kemungkinan bahwa itu direkayasa oleh manusia.

Para peneliti mungkin juga akan mengunjungi rumah sakit yang kewalahan pada puncak pandemi di Tiongkok dan cabang lokal dari Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit Tiongkok.

Pasar makanan laut dan tempat lain di mana kasus awal muncul tetap penting karena virus terus berubah, seperti yang ditunjukkan oleh strain baru yang ditemukan di Inggris Raya.

Ternyata Tim Ahli WHO Bebas Berkunjung ke Tempat Target Yang Diinginkan

3 Februari 2021, Institut Virologi Wuhan, Akademi Ilmu Pengetahuan Tiongkok, Tim ahli WHO tinggal di sana selama hampir 4 jam, dan rombongan juga mengunjungi laboratorium Biosafety Level 4 (BSL-4).

Ini adalah laboratorium biologi dengan tingkat keamanan tertinggi di Tiongkok. Tujuan utama perjalanan mereka adalah melacak sumber virus mahkota baru (SAR-COV2/Covid-19), namun kesimpulan yang keluar dari kelompok pakar Institut, telah mengecewakan orang-orang tertentu di Barat yang anti-Tiongkok.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
  5. 5
  6. 6
  7. 7
  8. 8
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x