Mohon tunggu...
Mahestha Rastha A
Mahestha Rastha A Mohon Tunggu... Writer - Teacher - Motivator - Public Speaker - Content Creator - Businessman

Nama Lengkap: Mahestha Rastha Andaara, S.Pd | Aktivitas saat ini mengajar IPA di SMPIT AR-RAHMAN, mengajar di Bimbel MATRIKS, mengurus komunitas menulis @sekolahmenulisindonesia, mengurus penerbitan @penerbitsmi, menulis buku, membaca literatur, dakwah, dan mengurus akun YouTube Mahestha Rastha.| Berikut beberapa buku saya yang sudah terbit: 1. Untukmu Para Pejuang Mimpi (2017) 2. Stop Talking and Start Hijrah (2018) 3. Tak Kenal, maka Tak Dakwah (2019) 4. Stop Talking and Start Hijrah International Version (2019) 5. Menjadi Umat Islam Abad 21 (2020) Buku bisa didapatkan di toko buku seluruh Indonesia. Selain itu, bisa juga hubungi penulis langsung untuk mendapatkan buku + TTD + Quotes

Selanjutnya

Tutup

Tebar Hikmah Ramadan Pilihan

Bukber Virtual? Awas Ujub!

25 April 2021   21:06 Diperbarui: 25 April 2021   21:17 425 2 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Bukber Virtual? Awas Ujub!
Sumber gambar: lifestyle.sindonews.com

Ada yang berbeda dengan Bulan Ramadhan tahun ini. Mungkin, tahun kemarin, karena kondisi covid yang masih belum bisa terkontrol dengan baik di Indonesia, banyak masyarakat yang tak pernah terpikirkan untuk bukber online. Tapi, karena sekarang kondisi covid yang sudah lebih baik dari tahun sebelumnya, terlebih vaksinasi tengah berjalan, sehingga sudah banyak masyarakat yang pemikirannya ke arah online, online, dan online.

Begitu pun masalah bukber virtual yang mungkin sudah banyak yang melaksanakannya. Alasannya, ingin tetap ada kebersamaan, ada acara buka puasa bersama, dan tetap menjaga protokol kesehatan. Tapi yang menjadi masalah, bagaimana kalau bukber virtual itu bisa menimbulkan penyakit hati.

Kalian tahu kan penyakit hati? Bukan sakit hati loh ya. Ini adalah penyakit-penyakit iman yang seharusnya tidak ada di dalam diri seorang muslim dan muslimah. Nah, salah satu penyakit hati yang ingin saya bahas adalah ujub.

Sederhananya, ujub ini artinya berbangga diri. Ia membanggakan apa yang dimilikinya. Sehingga, orang yang ujub, ujung-ujungnya pasti akan punya sifat sombong.

Kenapa saya ingin membahas penyakit hati yang satu ini? Karena memang penyakit ini kemungkinan besar akan timbul jika kita melaksanakan bukber virtual. Di sebelah mananya?

Begini, sekarang kita coba bandingkan dengan bukber offline. Kalau bukber offline, kita kan bertemu langsung, betul? Apalagi menu makanannya pasti sebagian besar sama semua. Karena kita makan di satu tempat. Jadi, rasa kebersamaannya dapat dan sifat ujub ini tidak akan muncul. Kenapa? Karena makanannya sama semua.

Tapi, kalau bukber virtual. Ada kemungkinan, sifat ujub ini akan muncul dalam diri kita. Kenapa? Karena makanannya beda-beda. Di sinilah yang nantinya akan muncul ujub. Mungkin tidak semua orang punya pemikiran seperti,

"Aduh, entar bukber virtual lagi. Makan apa ya enaknya?"

Akhirnya karena pemikiran seperti itu, ia jadi mencari makanan terbaik yang bisa dicarinya di pinggir jalan. Memang sih, tidak semua orang punya pemikiran seperti ini. Tapi, pasti ada saja orang yang sifatnya seperti ini. Alhasil, secara tidak langsung, ia ingin memamerkan apa yang dimakannya ketika bukber virtual.

Tidak semua seperti ini loh ya. Tapi pasti ada saja orang-orang yang punya pemikiran seperti ini. Sehingga, artikel ini saya maksudkan untuk mengingatkan kita semua untuk tetap menghindari hal-hal yang menimbulkan penyakit hati. Alangkah lebih baik, apa yang orang tua masak di rumah, maka hargailah apa yang sudah dimasak oleh ibumu. Apapun itu jenis makanannya.

Kalau ibu sudah masak, lalu kamu malah membeli makanan dari luar hanya karena ada acara bukber virtual, itu pun secara tidak langsung kamu sudah tidak menghargai apa yang sudah ibumu masak. Coba saja bayangkan kalau kamu berada di posisi ibumu, kamu capek-capek masak, lalu makanan kamu tidak dimakan. Bagimana rasanya? Pasti tidak enak bukan?

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x