Mohon tunggu...
Muhamad Zulfikri
Muhamad Zulfikri Mohon Tunggu... Blogger Newbie Indonesia

Seseorang yang ingin berbagi informasi serta pengetahuan dengan cara menulis artikel di blog Magzpedia.com

Selanjutnya

Tutup

Teknologi

Alasan Saya Lebih Memilih OS Linux dibanding Windows

29 Oktober 2019   18:55 Diperbarui: 30 Oktober 2019   04:52 111 0 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Alasan Saya Lebih Memilih OS Linux dibanding Windows
20191030-044625-5db8b382d541df77ea79a8e5.jpg

Ada banyak alasan mengapa saya lebih memilih OS Linux dibandingkan dengan OS Windows. Namun, disini saya akan memaparkan beberapa alasan saja.


Apa itu Linux

Linux adalah Sistem Operasi yang sama saja seperti Windows, Mac OS, ataupun iOS. Kalian tahu Android? Ya, Android juga sebenarnya ditenagai oleh sistem operasi Linux. Lalu maksud dari Sistem Operasi itu Apa? Sederhananya, sistem operasi merupakan pengelola komunikask antara perangkat lunak dan perangkat keras. Tanpa sistem operasi, maka perangkat lunak tidak akan berfungsi.

Semoga dengan sedikit penjelasan diatas kalian sudah tahu linux itu seperti apa yah. Saya ambil materi ini dari artikel yang sudah di posting pada blog Magz Pedia. Selanjutnya kita langsung ke pokok pembahasan ini.

Tampilan

Pertama, mari kita bahas tentang tampilan dari OS Linux. Alasan pertama saya lebih memilih linux ialah mengenai tampilan. Kenapa saya membicarakan hal ini? Tunggu sebentar, lihat terlebih dahulu gambar berikut ini.

Tampilan Kali Linux
Tampilan Kali Linux
Sudah? bagaimana tampilannya? Lebih bersih dan terlihat lebih elegant bukan? Mungkin, kalian akan berkata lebih bagus tampilan OS Windows yang dibalut dengan tampilan Pixel Experience, namun menurut saya lebih bagus tampilan Kali Linux.

Keamanan

Berbicara keamanan, tentunya Linux lebih aman dari OS yang lain. Walaupun Linux itu Open Source yang dapat dipastikan akan terkena serangan hacker, namun Linux akan segera mengamankan / memperbaiki celah yang ada dengan sangat cepat. Tidak seperti OS lain yang harus menunggu developer merilis patch terbarunya.

Gratis

Nah, kalau soal Gratis, masyarakat indonesia sangat menyukainya (tidak semuanya yah). Linux itu Gratis, yang dimana semua kalangan dapat menggunakannya dengan bebas. Kalian tidak perlu mengeluarkan uang sepeserpun untuk merasakan OS Linux. Dalam artian kalian tidak perlu memikirkan lisensi, masa aktif, dan lain sebagainya.

Privasi

Untuk yang ini hampir semua orang di dunia ini menyukainya. Yaps, Linux selama ini memberikan layanan privasi yang cukup memuaskan. Linux tidak mengumpulkan berbagai macam data kalian (malah hampir tidak ada). Berbeda dengan OS lainnya yang secara sembunyi-sembunyi mengumpulkan data kalian. Jadi, kalian tidak memerlukan alat / software apapun untuk mengamankan privasi kalian.

Untuk alasan lainnya, saya telah merangkumnya pada artikel Alasan Linux lebih baik dari windows.

Jika kalian tidak setuju dengan pendapat / alasan saya, itu hak kalian, disini saya hanya sharing saja.

VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x