Mohon tunggu...
Luna Septalisa
Luna Septalisa Mohon Tunggu... Administrasi - Long-life learner

Lahir 1 September 1994 | Perempuan Introvert | Suka membaca, menulis, dengar musik, berenang | Amatiran yang masih belajar menulis | kunjungi : https://lunaseptalisa.wordpress.com/ (blog pribadi) | email : lunasepta@yahoo.com

Selanjutnya

Tutup

Sosbud Pilihan

Yuk, Kenalan dengan Colorisme, Saudara Dekat Rasisme!

25 Juli 2020   09:24 Diperbarui: 28 Mei 2021   17:51 5758 19 2
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Yuk, Kenalan dengan Colorisme, Saudara Dekat Rasisme!
Yuk, Kenalan dengan Colorisme (image by u m5d2lywo from pixabay)

Pernah nggak, kalian mendengar ejekan dari keluarga, teman-teman, tetangga atau siapa pun itu hanya karena kalian berkulit gelap

"Ih, kok kamu beda sih sama saudara-saudaramu yang lain? Mereka putih-putih. Kamu item sendiri. Jangan-jangan kamu anak pungut ya?"

"Dasar, udah item jelek lagi!"

Menyakitkan sekali ya mendengarnya? Apalagi kalau yang mengatakannya adalah orang-orang terdekat kita sendiri, seperti orangtua, misalnya. 

Atau apakah kalian sudah lama menjadi bagian dari mereka yang menganggap bahwa orang-orang berkulit gelap itu lebih buruk? Kalau iya, mungkin kalian terjebak pada paham colorisme

Apa Itu Colorisme? 

Colorisme atau dalam Bahasa Inggris disebut colorism adalah pemahaman bahwa suatu warna kulit lebih baik dibandingkan warna kulit lainnya. 

Biasanya warna kulit yang lebih terang dianggap lebih baik dan menarik dibandingkan warna kulit yang lebih gelap. Colorisme ini berbeda dengan rasisme. Walaupun rasisme sendiri juga sering menyangkut masalah colorisme.

Baca juga : Rasisme, Colorisme, dan Prasangka: Ketidakadilan dalam Kehidupan Sehari-hari

Saya pikir ketika seseorang bersikap rasis, dia pasti juga colorist. Jika colorisme lebih kepada diskriminasi warna kulit, rasisme adalah bentuk diskriminasi yang menganggap bahwa suatu ras lebih unggul daripada ras lainnya.

Nah, colorisme ini tidak hanya dilakukan terhadap orang-orang yang berasal dari ras berbeda (interracial), namun juga kepada orang-orang dari ras yang sama (intraracial). 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
  5. 5
Mohon tunggu...

Lihat Konten Sosbud Selengkapnya
Lihat Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
LAPORKAN KONTEN
Alasan