Kesehatan

Berikan Pelayanan Kesehatan Gratis, Warga Apresiasi Rail Clinic

12 Juli 2018   11:02 Diperbarui: 12 Juli 2018   11:14 199 0 0
Berikan Pelayanan Kesehatan Gratis, Warga Apresiasi Rail Clinic
Doc. Pribadi

Pelayanan Kesehatan dengan Rail Clinic kembali diselenggarakan di Stasiun Patukan pada 12 Juli 2018. Kegiatan tersebut dimulai pukul 08.00-13.30 dan mengundang 300 warga Kecamatan Gamping untuk berpartisipasi dalam kegiatan ini. Kegiatan bakti sosial Rail Clinic merupakan salah satu bagian dari program Corporate Social Responsibilty PT. KAI (Persero) untuk masyarakat yang berada di sekitar stasiun atau yang dilalui oleh jalur kereta api.

Ketua panitia yakni dr. Welliyansyah mengatakan bahwa kegiatan pagi hari ini terdiri dari balai pengobatan serta donor darah. "Kami menurunkan tiga dokter umum, dua dokter gigi, paramedis dan apoteker," tuturnya. Ia juga menyampaikan bahwa dalam rangkaian kereta Rail Clinic juga terdapat Rail library yang dilengkapi fasilitas perpustakaan digital, perpustakaan manual dan ruang audio visual. Harapannya, kegiatan Rail Clinic ini dapat berjalan lancar dan memberikan banyak manfaat bagi semuanya.

Doc. Pribadi
Doc. Pribadi
Nathan M. Siahaan selaku Deputy Executive Vice President Daop 6 Yogyakarta menyampaikan dalam sambutannya bahwa bakti sosial dalam rangka mendukung program pemerintah dalam memberikan pelayanan kesehatan melalui CSR dari PT KAI (Persero). Ia berharap kegiatan ini dapat memberikan pelayanan kesehatan kepada masyarakat dengan baik. Ia juga mengatakan bahwa tujuan dari ada nya Rail library untuk memberikan wawasan serta edukasi kepada pelajar sehingga masyarakat dapat memanfaatkannya dengan maksimal.

Camat Gamping yakni Abu Bakar mengucapkan terima kasih pada PT. KAI (Persero) karena warga mendapat kesempatan untuk memeriksakan kesehatan gratis. "Rail Clinic ini merupakan inovasi dari PT. KAI (Persero) dimana saat ini pelayanan kesehatan dapat dilakukan didalam kereta," tambahnya.

Hal senada juga diucapkan oleh perwakilan dari Puskesmas Gamping 1 yakni ibu Sri Sulasmi. Ia mengapresiasi kegiatan ini dan mengatakan bahwa pelayanan Rail Clinic ini merupakan pelayanan kesehatan yang inovatif.

Berbeda dengan kegiatan Rail Clinic sebelumnya, kali ini terdapat program donor darah yang bekerjasama dengan PMI Yogyakarta. Eko Budiyanto selaku Manager Humas Daop 6 Yogyakarta mengatakan bahwa kegiatan donor darah ini dapat dijadikan wadah bagi semua orang baik masyarakat maupun pegawai yang ingin mendonorkan darahnya tanpa perlu menunggu momen tertentu. Pelayanan kesehatan yang diberikan dalam Rail Clinic cukup lengkap, mulai dari poli umum, poli gigi, poli mata dan pemeriksaan bagi ibu hamil.

Kegiatan ini disambut dengan antusias oleh warga, hal ini diucapkan oleh salah satu warga Kecamatan Gamping yakni Puspa. "Membantu sekali, terutama untuk warga yang kurang mampu supaya mendapat pelayanan kesehatan yang layak," ujarnya. Para warga berharap kegiatan positif seperti Rail Clinic dapat terus berjalan secara rutin.