Mohon tunggu...
Lukmanul Hakim
Lukmanul Hakim Mohon Tunggu... Pemerhati fenomena manajemen, bisnis, dan kewirausahaan

Lukmanul Hakim, S.I.P., M.M. merupakan akademisi ilmu manajemen di Universitas Bina Sarana Informatika Jakarta. Lulus dari Manajemen dan Kebijakan Publik, Universitas Gadjah Mada Yogyakarta, saat ini sedang menempuh S3 di Doktor Ilmu Manajemen, Universitas Padjadjaran Bandung dengan tema penelitian disertasi tentang Inkubator Bisnis di Indonesia.

Selanjutnya

Tutup

Edukasi

Mahasiswa UBSI Cikampek Ikuti SEMOT bersama Belasan Ribu Mahasiswa Baru Universitas Bina Sarana Informatika se-Jabodetabek

16 September 2019   21:02 Diperbarui: 28 September 2019   16:23 0 1 1 Mohon Tunggu...
Mahasiswa UBSI Cikampek Ikuti SEMOT bersama Belasan Ribu Mahasiswa Baru Universitas Bina Sarana Informatika se-Jabodetabek
formasi-garuda-oleh-belasan-ribu-mahasiswa-baru-ubsi-5d7f95970d823042b35e7932.jpg

Universitas Bina Sarana Informatika (UBSI) memiliki cara tersendiri dalam menyambut mahasiswa barunya yaitu melalui Orientasi Akademik (ORMIK) dan Seminar Motivasi (SEMOT). ORMIK UBSI Cikampek diikuti oleh ratusan mahasiswa baru diselenggarakan di Kampus Jl. Ir. H. Juanda No. 17 Sarimulya, Kotabaru, Kabupaten Karwawang pada hari Sabtu, 14 September 2019. Tampil sebagai pembicara Dede Firmansyah Saefudin, M.Kom. selaku ketua Program Studi Sistem Informasi Akuntansi.

"Your Bright Future Starts Here" menjadi tema kegiatan yang diusung pada ORMIK tahun ini. Menurut Lukmanul Hakim, S.I.P., M.M. selaku koordinator kegiatan,  "Bahwa dengan pendidikan diploma atau sarjana yang akan dilalui oleh para mahasiswa selama tiga sampai empat tahun kedepan, diharapkan menjadi jembatan keberhasilan masa depan mereka." Pada kegiatan ormik dijelasakan proses dan prosedur akademik maupun non akademik serta pengenalan lingkungan kampus. Mahasiswa baru sudah memahami sejak hari pertama melangkahkan kaki di kampus, sehingga mereka dapat lulus kuliah tepat waktu. Kegiatan hari pertama ditutup dengan kegiatan pengabdian kepada masyarakat sebagai wujud kepedulian civitas akademika terhadap lingkungan sosial dan fisik disekitar kampus. 

Hari kedua, mahasiswa baru mengikuti rangkaian kegiatan seminar motivasi dengan pembicara Aan Rahman, S.Pd., M.M.; Seminar tematik bidang teknologi, kewirausahaan, karier dan pengembangan diri; Serta BSI EXPO yang menampilkan berbagai organisasi kemahasiswaan serta panggung huburan yang mempertunjukkan seni. Acara tersebut diselenggarakan di BSI Convention Center Kaliabang Bekasi pada hari Minggu, 15 September 2019 mulai pukul 06.00 sampai dengan pukul 17.00. Seluruh mahasiswa baru UBSI Cikampek bergabung dengan belasan ribu mahasiswa baru UBSI lainnya dari wilayah Jabodetabek dan Karawang. Nampak dari foto udara belasan ribu mahasiswa baru tersebut membentuk formasi lambang negara Burung Garuda. Rosilah salah seorang mahasiswi baru mengungkapkan rasa senangnya karena bisa kuliah di Program studi D3 Sistem Informasi Akuntansi UBSI Cikampek. Menurutnya acara ORMIK dan SEMOT sangat mengispirasi, memberikan banyak informasi, dan menambah banyak teman. Rosilah juga mengungkapkan rasa syukur atas beasiswa BIDIK MISI yang diraihnya, "Beasiswa ini memotivasi anak-anak bangsa untuk berkembang meraih cita-citanya dan dengan itu turut memajukan Indonesia."

Menurut Kepala Kampus UBSI Cikampek, Mohammad Syamsul Azis, M.Kom., "Dalam penerimaan mahasiswa baru, UBSI berusaha menghilangkan persepsi bahwa masa orientasi maba identik dengan gaya perpeloncoan bernuansa perundungan, kekerasan, atau pelecehan.  Tradisi yang dibangun UBSI sejak dari awal lebih menekankan pada nilai-nilai edukasi, kreativitas, inspiratif dan cinta pada tanah air Negara Kesatuan Republik Indonesia." (LUH).

KONTEN MENARIK LAINNYA
x