Mohon tunggu...
Livia Berliana
Livia Berliana Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswa

Mahasiswa

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Alam & Tekno

Mitos Mengucap "Gantarawang" di Banten

3 Januari 2022   12:10 Diperbarui: 3 Januari 2022   12:12 399
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Ilmu Alam dan Teknologi. Sumber ilustrasi: PEXELS/Anthony

Mitos merupakan sesuatu yang diangap benar tejadi oleh penganut dalam suatu masyrakat tertentu dan biasanya tentang asal-usul manusia dan alam semesta yang didalamnya memiliki cerita ghaib. begitu juga yang terjadi di daerah Banten teaptnya di desa caringin yang mempunyai mitos tidak boleh mengucapkan "Gantarawang" mengapa demikian?

Di desa caringin Banten banyak beredar cerita dari mulut kemulut bahwa jika kita mengucapkan "Gantarawang" ketika sedang marah atau sedang emosi itu menimbulkan sesuatu yang berisfat ghaib yaitu dapat mendatangkan jin atau makhluk halus kedalam rumah kita. Kata Gantarawang itu sendiri memiliki arti tempat yang memiliki smeak-semak atau hutan yang berada di desa Caringin Banten. keberadaan tempat itu diyakini masyrakat sekitar sebagai tempat yang mistis dan ghaib karena sangat horor dan menakutkan. menurut masyarakat setempat penguasa Negri Gantarawang itu bernama H. Deeng.

Banyak kejadian yang diluar akal manusia seperti para pedagang yang melewati semak-semak tersebut malah kesasar dan tidak tahu arah pulang kemudian ia kehilangan uang hasil dagangannya. Adalagi masyrakakat yang didaerah desa Caringin banyak kehilangan alat perabotannya seketika, hewan-hewan peliharaan menghilang dan banyak yang sakit massal itu semua dipercaya masyarakat bahwa adanya kekuatan ghaib yang terjadi di Negri Gantarawang itu.

Banyak cerita yang beredar tentang Negri Gantarawang ini seperti pernah ada Nenek-nenek yang sedang mencari alamat dan dia tidak tahu jalan pulang serta keluarga dia dimana, masyarakat setempat mempercayai bahwa nenek-nenek itu merupakan manusia yang pernah diculik oleh tempat Gantarawang dan kemudian diusir karena menyebutkan nama Allah. jadi pada saat ia diusir ia tidak tahu siapa keluarga dan dimana dia tinggal.

Demikian mitos yang terjadi di daerah desa Caringin Banten, mohon maaf apalabila ada kesalahan. Semoga bermanfaat..

Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Alam & Tekno Selengkapnya
Lihat Ilmu Alam & Tekno Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun