Mohon tunggu...
Listya Ningrum
Listya Ningrum Mohon Tunggu...

Mahasiswi Fakultas Ilmu Sosial dan Humaniora. Prodi Ilmu Komunikasi UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta'14

Selanjutnya

Tutup

Travel Pilihan

Gardu Pandang Kaliurang Tujuan Wisata di Yogyakarta

28 Desember 2014   19:34 Diperbarui: 17 Juni 2015   14:18 0 0 0 Mohon Tunggu...

Kaliurang adalah objek wisata andalan Kabupaten Sleman yang berada di lereng selatan Merapi. Kawasan wisata Kaliurang ini terletak di bagian utara Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta, 25 km dari Kota Yogyakarta. Wisata Kaliurang ini tepatnya di Desa Hargobinangun, Kecamatan Pakem, Sleman, Yogyakarta. Jika dibandingankan dengan kawasan wisata yang serupa di luar kota Daerah Istimewa Yogyakarta, kaliurang mirip dengan kawasan puncak di Bogor. Kawasan Kaliurang sudah dipandang sebuah tujuan wisata sejak zaman penjajahan Belanda. Pada abad ke-19 , para ahli geologi Belanda yang tinggal di Yogyakarta bermaksud mencari tempat peristirahatan bagi keluarga mereka. Ketika mereka sampai di Kaliurang, mereka terpesona dengan keindahan dan kesejukannya. Para geolog Belanda itu pun membangun bungalow – bungalow di Kaliurang. Setelah Belanda meninggalkan Indonesai, Kaliurang tetap dijadikan tempat peristirahatan. Banyak perusahaan dan instansi. Namun kemudian disewakan untuk masyarakat luas. Setelah semakin ramai dan berkembang, Kaliurang pun akhirnya dilengkapi berbagai fasilitas wisata. Berada 900 meter diatas permukaan laut membuat udara di Kaliurang sejuk dan segar. Suhunya berkisar 20 – 25 derajat celcius. Di kawasan taman wisata ini terdapat kolam renang Tlogo Putri yang airnya berasal dari mata air di lereng Bukit Plawangan. Di samping keindahan alam, Kaliurang juga menyimpan kekayaan sejarah. Diantaranya adalah Wisma Kaliurang dan Pesangrahan Dalem Ngeksigondo milik Kraton yang pernah dipakai sebagai tempat berlangsungnya Komisi Tiga Negara. Atau Museum Ullen Sentalu yang sebagian bangunannya berada di bawah tanah. (www.kota jogja.com)

Untuk bisa masuk ke Kawasan Wisata Kaliurang biaya tiket masuk pada hari biasa Rp 2.000 untuk dewasa dan Rp 1.000 untuk anak-anak. Sedangkan harga tiket masuk pada hari libur Rp 3.000 untuk dewasa dan Rp 1.500 untuk anak – anak. Untuk kendaraan juga dikenakan biaya masuk, yaitu Rp 2.000 untuk sepeda motor, mobil Rp 5.000 dan bus Rp 10.000. Kaliurang adalah tempat wisata yang memanjakan para wisatawannya dengan menyuguhkan pesona keindahan dan kesejukannya. Di Kaliurang inilah tempat rekreasi yang tepat untuk berkumpul dan bermain dengan keluarga, teman – teman, dan orang – orang terdekat. terlebih di Kaliurang ini terdapat Taman Rekreasi Kaliurang bagi pengunjung dapat bermain disini apalagi apabila membawa anak-anak, Taman Rekreasi Kaliurang ini menjadi salah satu tempat favorit untuk bermain anak-anak.

Ketika sudah sampai ke kawasan wisata Kaliurang, jangan sampai anda tidak memasuki kawasan Taman Nasional Gunung Merapi. Karena didalam Taman Nasioanal Gunung Merapi tersebut terdapat air terjun yang merupakan icon dan menjadi tujuan wisatawan ketika berkunjung ke kawasan wisata Kaliurang tersebut. Selain itu, ketika kita masuk ke kawasan Taman Nasional Gunung Merapi terdapat jalur pendakian untuk sampai ke Gardu Pandang Kaliurang. Untuk sampai ke puncak gardu pandang Kaliurang kita harus melewati pendakian yang sangat melelahkan kurang – lebih 50 menit dengan pendakian yang melelahkan. Tetapi ketika anda merasa lelah ditengah perjalanan, anda bisa beristirahat karena disetiap sela perjalanan terdapat tempat duduk untuk beristirahat sejenak.  Setelah pendakian yang sangat melelahkan, sampai juga di puncak gardu pandang Kaliurang. Dari atas gardu pandang Kaliurang, kita dimanjakan dengan pesona alam yang sungguh luar biasa, barisan dan deretan tumbuhan hijau yang asri membentuk seperti gunung – gunung dan lembah – lembah yang berjejeran, sejuknya hembusan angin yang silih berganti, melihat puncak Gunung Merapi walau terkadang diselimuti kabut. Sungguh kepuasaan tersendiri ketika bisa melihat alam sekitar Kawasan Kaliurang dari gardu pandang kaliurang yang disebut Bukit Pronojiwo.