Mohon tunggu...
Ika Gita Listiana
Ika Gita Listiana Mohon Tunggu... Bankir - listi

saat ini bekerja di Bank NTB Syariah

Selanjutnya

Tutup

Financial

Sistem Manajemen Teknologi yang Mempengaruhi Kualitas Layanan dan Tingkat Kepuasan Nasabah

19 Juni 2021   19:06 Diperbarui: 19 Juni 2021   19:45 241
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Finansial. Sumber ilustrasi: PEXELS/Stevepb

Sektor jasa keuangan merupakan sektor yang memegang peranan penting dalam meningkatkan pertumbuhan ekonomi suatu negara. Pertumbuhan ekonomi dikatakan meningkat jika kegiatan dalam perekonomian dapat menghasilkan barang dan jasa yang berdampak positif pada peningkatan kemakmuran masyarakat. Salah satu contoh sektor jasa keuangan yang memiliki peran penting sebagai sumber pendanaan dan bisa bisa dimanfaatkan untuk meningkatkan perekonomian yaitu sektor perbankan. 

Perbankan sebagai lembaga keuangan diharapakan mampu mendorong pertumbuhan ekonomi dan dapat memberikan sumbangsih terhadap pendapatan nasional yang berfungsi sebagai perantara untuk menampung dana masyarakat agar dapat disalurkan kembali dalam kegiatan perekonomian yang bersifat produktif. 

Bank NTB Syariah adalah salah satu perbankan syariah yang ada di Indonesia. Bank NTB Syariah merupakan bank milik Pemerintah Provinsi Nusa Tenggara Barat. Bank NTB didirikan dan mulai beroperasi pada tanggal 5 Juli 1964 dan pada awal berdiri dikenal dengan Perusahaan Daerah Nusa Tenggara Barat. 

Namun, pada pada tanggal 19 Maret 1999 mengalami perubahan bentuk hukum dari Perusahaan Daerah Nusa Tenggara Barat menjadi Perseroan Terbatas Bank Pembangunan Daerah Nusa Tenggara Barat. Sedangkan dalam proses beroperasi dan pada tanggal 13 Juni 2016 disepakati bahwa Bank NTB akan melakukan konversi dari konvensional menuju Bank NTB Syariah. Sehingga pada tanggal 28 September 2018 setelah melalui peroses perubahan, Bank NTB sudah resmi beralih menjadi Bank NTB Syariah dengan harapan menjadi bank syariah yang dapat meningkatkan penguatan ekonomi bagi masyarakat Nusa Tenggara Barat. 

Dalam proses konversi yang dilakukan dari Bank NTB menjadi Bank NTB Syariah tentunya mengalami berbagai macam peningkatan pelayanan. Salah satu peningkatan pelayanan yang dilakukan yaitu dalam layanan teknologi digital yang diimplenetasikan pada Bank NTB Syariah. Layanan teknologi digital menjadi sangat penting dikarenakan dalam proses pemanfaatannya dapat mengakomodir kebutuhan berinteraksi antara Bank NTB Syariah dengan nasabah. 

Keuntungan lain yang didapatkan dari penggunaan teknologi digital yaitu memiliki tingkat efektivitas dan efisiensi yang lebih tinggi serta minimnya resiko kesalalahan. Produk-produk digital yang ditawarkan oleh Bank NTB Syariah terdiri dari tiga jenis, yaitu internet banking personal, internet banking coorporate, dan mobile banking, Mobile banking merupakan produk unggulan Bank NTB Syariah yang dapat dilihat dengan meningkatnya jumlah pengguna layanan tiap bulannya. Hal ini dapat dibuktikan dengan pengguna mobile banking Cabang Sumbawa dari bulan Juli tahun 2016 sampai dengan sekarang jumlah pengguna layanan terus meningkat. 

Dengan memanfaatan mobile banking dapat memberikan kesempatan kepada nasabah untuk mengakses berbagai fitur perbankan dengan mudah dan tidak terhalang oleh lokasi. Selain itu, keuntungan lain yang didapatkan seperti transaksi 24 jam, layanan langsung yang dapat diakses dari smartphone nasabah, transaksi realtime dan fleksibel, serta dengan keamanan PIN. 

Oleh karena itu, nasabah tidak perlu lagi ke kantor bank untuk mengantri dan melakukan transaksi perbankan secara konvensional. Hal ini dikarenakan mobile banking NTB Syariah sudah dilengkapi dengan berbagai fitur yang dapat mengefesiensikan waktu nasabah seperti fitur informasi saldo, transfer, pembelian, pembayaran, ziswaf dan kurban, administrasi, pavorite, dan promo. Dengan tersedianya fitur tersebut, tentu akan sangat mengutungkan dan menarik minat nasabah untuk menggunakan layanan mobile banking. 

Dengan demikian, untuk menjaga keberlangsungan penggunaan mobile banking oleh nasabah, maka pihak penyedia layanan yaitu Bank NTB Syariah juga harus mendengar dan mengkaji saran serta masukan sebagai umpan balik dari nasabah terkait fitur mobile banking yang ditawarkan bias dari kotak saran yang ada di banking hall atau pengaduan nasabah di counter Customer Service Bank NTB Syariah Cabang Sumbawa untuk mengetahui pengaruh kualitas layanan yang ditawarkan dan untuk mengetahui tingkat kepercayaan nasabah sebagai pengguna layanan, sehingga bisa memberikan kepuasan kepada nasabah dengan manfaat dan kenyamanan dalam bertransaksi yang ditawarkan. Diharapkan dengan adanya hal tersebut dapat mengoptimalkan kualitas layanan, meningkatkan kepercayaan nasabah dan memberikan kepuasan terhadap penggunaan layanan mobile banking Bank NTB Syariah Cabang Sumbawa

Mobile Banking

Layanan mobile baking Bank NTB Syariah adalah pengembangan dari dua bentuk inovasi Bank NTB Syariah sebelumnya yaitu sms banking dan Coorporate Managemen System (layanan internet banking terbatas pada nasabah yang didaftarkan) yang memiliki banyak kesamaan secara fungsionalitas. Kedua berntuk teknologi informasi perbankan ini sama-sama berbasis internet. Jenis-jenis layanan perbankan syariah yang diberikan dan terdapat pada mobile banking relatif sama seperti transfer dana, informasi saldo, mutasi rekening, pembayaran, pembelian, wakaf dan layanan lainnya.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Financial Selengkapnya
Lihat Financial Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun