Mohon tunggu...
Liska Lorida
Liska Lorida Mohon Tunggu... Mahasiswa

Saya adalah anak perempuan yang suku membuat kue

Selanjutnya

Tutup

Pendidikan

Keterampilan Dasar Mengajar Mahasiswa pada Kurikulum Merdeka

27 April 2025   18:27 Diperbarui: 27 April 2025   18:27 78
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Pendidikan. Sumber ilustrasi: PEXELS/McElspeth

Kegiatan belajar mengajar merupakan suatu sistem yang terintegrasi antara pendidikdan peserta didik. Komponen dalam proses pembelajaran adalah materi ajar, mediapembelajaran dan metode. Sebelum memulai mahasiswa calon guru harus diberikanpemahaman keterampilan dasar mengajar. 

Kemampuan dasar mengajar ini tentunya akanmengalami perubahan secara signifikan seiring dengan kurikulum yang akan diterapkanpada proses pembelajaran. Kemapuan mengajar bagi calon guru perlu dikembangkandengan kurikulum merdeka belajar, karena dengan kurikulum merdeka mahasiswa perlumemaksimalkan konteks pembelajaran yang dapat menggali potensi peserta didik.

Berdasarkan hal tersebut perlu diadakanya praktik mengajar dalam mata kuliah microteaching. 

Microteaching merupakan salah satu mata kuliah yang dipersiapkan bagi mahasiswayang akan melaksankan praktik mengajar di sekolah-sekolah. Pembelajaran microteacingmemberikan pemahaman kepada mahasiswa mengenai berbagai aspek mengenai kegiatan belajar mengajar. Bagi seorang calon guru sangat penting untuk memahami halhal yang terkait dengan keterampilan dasar mengajar. 

Mengajar bukan hanya sekadarmemberikan pengetahuan tetapi juga mengajarkan bagaimana cara bersikap, bertutur katadan bersimpati kepada lingkungan di sekitar. Penilaian teman sejawat pada saatmelakukan praktik mengajar dengan keterampilan dasar mengajar sangat diperlulakn.

Penilain teman sejawat sangat penting bagi mahasiswa calon guru, agar dapat merefleksi,mendiskusikan dan mengelaborasikan terkait performa mahasiwa (Rizkasari et al., 2022)Keterampilan dasar mengajar sangat perlu bagi calon guru sebagai pedoman dalamkegiatan praktik mengajar di sekolah-sekolah mitra. 

Selain itu mata kuliah microteachinguntuk mengarahkan calon guru menjadi guru yang profesional. Berdasarkan Undangundang Republik Indonesia nomor 14 tahun 2005 tentang Guru dan Dosen, bahwaseorang guru adalah pendidik professional yang tugas utamanya adalah mendidik,membimbing, mengajar, menilai, melatih dan mengevaluasi peserta didik mulai daripendidikan usia dini, pendidikan dasar, pendidikan menengah dan pendidikan formal.Seorang calon guru dalam pelaksaaannya harus lebih memperhatikan hal-hal yang terkaitdengan undang-undang tersebut.

Dalam undang-undang Republik Indonesia nomor 14 tahun 2005 pasal 8, kompetensiguru terdiri dari kompetensi kepribadian, kompetensi pedagogik, kompetensi sosial dankompetensi profesioanal. Dengan demikian kesiapan seorang calon guru harus menguasaiketerampilan dasar mengajar serta memahami empat kompetensi guru. Calon guru ataumahasiswa adakalanya belum menguasai cara mengajar secara menyeluruh untuk itudiperlukan keterampilan dasar mengajar. Keterampilan dasar mengajar sebagai upayauntuk memberikan motivasi bagi calon guru agar dapat diimplemantasikan dalam praktikmengajar. Keterampilan dasar mengajar yang dimiliki pendidik sangat berpengaruh padacapaian pembelajara, pendidik maupun calon pendidik harus menguasai teoretis danpratik (Prasandha & Utomo, 2022).

Pembelajaran yang efektif dapat meningkatkan kemampuan siswa dalam memahamimateri yang diajarkan guru. Calon guru harus dapat memahami materi yang akandiajarkan dan juga perlu mengetahui karakter siswa masing-masing agar tercipta suasanabelajar yang menyenangkan. Perangkat pembelajaran sangat mendukung calon guruuntuk mengajar, hal ini dikarenakan tujuan pembelajaran mencerminkan ketercapaian kompetensi. Kurikulum Merdeka belajar meningkatkan kemandirian dalam belajar.

Implemantasi Kurikulum Merdeka tentunya mengubah arah dari tujuan pembelajaranbagi peserta didik.Langkah-langkah Implementasi kurikulum merdeka sebagai berikut, (1) memahamigaris besar kurikulum merdeka, (2) memahami pembelajaran dan asesmen, (3)memahami pengembangan kurikulum operasional satuan pendidikan dalam kurikulummerdeka, (4) memahmai pengembangan projek penguatan profil pelajar pancasila(Kemenristek). 

Artinya implementasi kurikulum merdeka pada keterampilan dasarmengajar dapat dipahami bagi mahasiswa calon guru maupun pendidik, sehingga dapatmengembangkan materi ajar serta memberikan penilaian berdasarkan pembelajaran.Pembelajaran dapat disesuaikan dengan tahap peserta didik serta merencanakanpembelajaran. 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Pendidikan Selengkapnya
Lihat Pendidikan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun