Mohon tunggu...
Lina Maria Ulfa
Lina Maria Ulfa Mohon Tunggu... Freelancer - Ibu Rumah Tangga

Seorang Istri | Pembelajar | Berusaha 'ngrekso' Qur'an sampai mati

Selanjutnya

Tutup

Parenting Pilihan

Perubahan itu Pasti, Kenalkan Kebajikan Sejak Dini

11 Agustus 2022   13:39 Diperbarui: 11 Agustus 2022   13:54 110 5 1
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana Adalah Platform Blog. Konten Ini Menjadi Tanggung Jawab Bloger Dan Tidak Mewakili Pandangan Redaksi Kompas.
Lihat foto
Perubahan itu Pasti, Kenalkan Kebajikan Sejak Dini (dok. pribadi)

Perubahan itu pasti dialami setiap manusia. Proses hidup memang seperti itu. Sedari anak-anak kita disibukkan dengan beragam permainan. Masa ini sebagian orang menyebutnya masa menyenangkan.

Masa dimana kita diperhatikan. Bermain dan belajar hal-hal yang baru. Semua orang seakan mendukung kita menjadi lebih baik. Belajar berjalan, semua memberikan semangat. Saat bisa mulai berjalan, disemangati lagi untuk melakukan hal-hal yang lainnya.

Ajarkan Kebajikan Sejak Dini

Seni mendidik anak-anak tentu berbeda dengan remaja atau dewasa. Anak-anak memiliki masa menarik dalam kehidupan. Awal kehidupan yang menakjubkan, makanya semasa kecil kita akan banyak takjub akan banyak hal.

Masa ini pula banyak hal baru yang diterima. Banyak hal ditanyakan kepada orang tuanya. Ini tanda bagaimana masa ini adalah masa pentingnya komunikasi kita dengan anak. Menjawab dengan cara yang baik, benar dan bijaksana disesuaikan dengan masanya.

Seni mendidik anak ini pun mulai banyak kelas-kelas khusus yang membahasnya. Bahkan ada jurusan khusus di perkuliahan tentang hal ini. Pendekatan yang digunakan tentu pendekatan sesuai usianya.

Masa pondasi kehidupan bisa jadi dimulai disini. Kelas-kelas pernikahan selain tentang hubungan suami-istri dalam mengelola rumah tangga, juga ada hal khusus yang perlu dipelajari yakni parenting. Seni menajdi orang tua yang bisa jadi tuntunan bagi anaknya. Bisa mengenalkan anak pada hal dengan bahasa anak yang bisa dipahami.

Anak pada usia 2 tahun, saat mulai hisa berkomunikasi dengan lancar mulai banyak hal yang ditanyakan. Anak juga peniru pada hal yang dilakukan orang tuanya. Oleh karenanya kita pun perlu berlaku baik dalam kegiatan sehari-hari.

Kebajikan adalah ranah tindakan sadar yang bernilai kebaikan kepada orang lain. Mengenalkan kebajikan sedari dini merupakan hal penting agar anak menjadi juga peduli dan sadar dengan lingkungan sekitar. Jaman semakin berkembang kepedulian pada sesama merupakann hal penting. Hidup manusia adalah bersosial, maka memang oerlu kepedu pada sesama.

Mulai sedari dini dengan hal yang bisa jadi terlihat simpel. Seperti memasukkan ke kotak amal. Saat kita memasukkan uang ke kotak amal, anak akan melihat. Lambat laun maka ia akan mulai penasaran ingin ikut terlibat pula. Tindakan yang dilakukan orang tua, anak-anak ingin menirunya. Memabg orang tua adalah orang nomer satu bagi anak. Mereka yang mengenalkan banyak hal baginya. Karena manusia yang paling dekat bagi anak adalah orang tua.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Parenting Selengkapnya
Lihat Parenting Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan