Mohon tunggu...
Liliek Pur
Liliek Pur Mohon Tunggu... belajar terus

wiraswasta

Selanjutnya

Tutup

Hobi Artikel Utama

3 Cara yang Dapat Kamu Lakukan untuk Memunculkan Ragam Ide-ide Brilian

27 Februari 2020   17:07 Diperbarui: 28 Februari 2020   21:50 2413 28 8 Mohon Tunggu...
Lihat foto
3 Cara yang Dapat Kamu Lakukan untuk Memunculkan Ragam Ide-ide Brilian
Menghargai ide konyol (Ilustrasi: www.freepik.com)

Dalam sebuah pelatihan kreativitas, peserta diminta menyebutkan fungsi penjepit kertas alias paper clip yang sebanyak-banyaknya. Sebagian peserta kebingungan. Paper clip ya untuk menjepit kertas, mana mungkin digunakan untuk urusan yang lain, demikian pikir mereka. Maka, mereka menuliskan satu saja jawaban di lembar kertas catatan mereka.

Namun banyak juga peserta lainnya yang mampu menyebutkan hingga belasan fungsi penjepit kertas dalam waktu satu menit. 

Lihatlah deretan fungsi kawat kecil itu. Menjepit kertas (saya yakin semua peserta menuliskan kata ini), pengorek kuping, peniti, pengganjal pintu, penghantar listrik, gantungan baju, pengaduk minuman, dan seterusnya.

Sederet fungsi penjepit kertas yang nyeleneh itu ternyata belum seberapa dibandingkan peserta lain yang lebih "gila". Ia menjadi jawara karena berhasil menyusun berpuluh-puluh kegunaan penjepit kertas dalam kehidupan manusia.

Simaklah berderet-deret fungsi paper clip yang dituliskannya. Pondasi rumah, tiang rumah, atap rumah, lantai rumah, tangga, rak sepatu, rak buku, rak piring, lemari baju, meja, kursi, sofa, karpet, hiasan dinding, bingkai foto, pembatas buku, tali jemuran, tali timba, kabel listrik, tas, sepatu, topi, dasi, sendok, garpu, pengganjal mata yang mengantuk, .... Ah, sudahlah, ntar satu artikel isinya kayak gini doang.

Itulah salah satu hal yang saya ingat semasa mengikuti seminar menyangkut kreativitas bertahun-tahun lampau.

Perlu Ide Pembanding

"Tidak ada yang lebih berbahaya daripada sebuah ide kalau itu merupakan satu-satunya ide yang kita miliki."

Emile Chartier, seorang filsuf dan jurnalis asal Perancis, sampai mengucapkan kalimat seperti itu berkenaan dengan minimnya ide. Jelas sekali bahwa sang filsuf sangat menyukai banyak ide.

Seorang penulis dan pembicara masalah kreativitas, Roger von Oech, menjelaskan perlunya kita memperbanyak ide. Ia menyatakan bahwa salah satu manfaat ide yang banyak adalah sebagai pembanding antara satu ide dengan ide lainnya. Tanpa memiliki ide pembanding, kita akan kesulitan mengukur seberapa besar kekuatan dan kelemahan satu-satunya ide yang kita miliki.

Lebih jauh, von Oech mengemukakan pendapatnya bahwa kita memerlukan berbagai sudut pandang untuk bisa berpikir kreatif. Bila kita enggan mengembangkan sudut pandang, kita akan terjebak untuk hanya melihat hal-hal yang sama tanpa menyaksikan urusan-urusan lain yang tidak menjadi fokus kita.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x