Mohon tunggu...
Libert Padjo
Libert Padjo Mohon Tunggu... Lahir di Manggarai Flores NTT

Suka Menulis, Traveling

Selanjutnya

Tutup

Pemerintahan

Komisi II DPRD Kota Batam Tertarik dengan Konsep Pariwisata Ekologis Raja Ampat

12 Juli 2019   09:25 Diperbarui: 12 Juli 2019   09:33 0 1 1 Mohon Tunggu...
Komisi II DPRD Kota Batam Tertarik dengan Konsep Pariwisata Ekologis Raja Ampat
dokumentasi pribadi

Komisi II DPRD Kota Batam melakukan kunjungan kerja ke Kabupaten Raja Ampat pada Kamis 11/07/19. Kedatangan rombongan yang terdiri dari 7 orang Anggota DPRD tersebut  diterima langsung Kepala Dinas Pariwisata, Yusdi Lamatenggo dan jajarannya dan melakukan sharing dan dialog bersama di Aula Kantor Bupati Raja Ampat. Kunjungan ini dalam rangka melihat konsep pengmbangan pariwisata berkelanjutan yang kini menjadi trend pengembangan pariwisata di Indonesia.

AnggotaKomisi II DPRD Kota Batam, Mulia R. Purba menyatakan Kunker ke Raja Ampat merupakan kesempatan untuk meninjau langsung konsep pengembangan Wisata Ekologis. Hal ini Penting guna menjaga keberlanjutan potensi sumber daya.

"Kita juga mau lihat bagaimana Raja Ampat ini mejaga alamnya, bahkan saya lihat di sini masih sangat asli, higienis, kita tidak oleh mancing sembarang, hal-hal seperti inilah yang mau kita lihat" kata Purba.

Sementara itu, Kepala Dinas Pariwisata, Yusdi Lamatenggo menegaskan Pariwisata Raja Ampat bukan wisata massal dan buatan tetapi wisata ekologis.

" Kita focus pada pariwisata ekologis, bukan wisata massal. Yang ditawarkan itu keindahan alamnya, dan ini perlu dijaga" ujar Yusdi.

Pengembangan Pariwisata tidak saja sebagai upaya mendatangkan para wisatawan guna mendapatkan profit ekonomis bagi satu daerah, tetapi juga harus dipadukan dengan konsep konservasi guna menjaga potensi sumber daya alamnya.

dokumentasi pribadi
dokumentasi pribadi
Tak heran jika Raja Ampat memiliki kawasan konservasi dan cagar alam yang begitu luas, tujuannya untuk menjaga dan melindungi potensi sumber daya alamnya, menjaga keindahan alamnya agar tetap indah dan lestari.

Seusai melakukan dialog bersama Kadis Pariwisata dan jajarannya, rombongan Komisi II kemudian bergerak mengunjungi spot-spot wisata Raja Ampat. (Libert Humas)