Mohon tunggu...
Leya Cattleya
Leya Cattleya Mohon Tunggu... Asisten Pribadi - PEJALAN

PEJALAN

Selanjutnya

Tutup

Politik Pilihan

Selamatkan KPK, Tanda Tangani Petisi #KPK SOS

14 September 2019   09:53 Diperbarui: 14 September 2019   16:11 183
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
#KPK SOS (Foto ilustrasi: KPK)

"Failure only happens when we give up.” (BJ Habibie)

Sabtu Kelabu

Sabtu ini sungguh kelabu. Sama kelabunya dengan wilayah Sumatera, Kalimantan, Singapura dan Malaysia akibat asap kebakaran hutan Indonesia. Gelap dan membuat langkah dan gerak masyarakat menjadi terbatas.

Pagi ini kesedihan saya memang lumayan bertumpuk.

Kepergian pak Habibie sudah membuat hati saya mengharu biru. Kita kehilangan panutan negeri. 

Juga, situasi KPK membuat perasaan saya campur aduk. Saya cukup larut dengan isu KPK. Selama lima bulan terakhir, saya menulis 11 artikel terkait korupsi dan KPK di Kompasiana. Pada akhirnya, titik kulminasinya adalah ketika terjadi demo pendukung revisi UU KPK di depan gedung Merah Putih dan melibatkan adu fisik. 

Apalagi, di malam hari kemarin pimpinan KPK menyelenggarakan konprensi pers untuk menyerahkan kembali mandat dan pertanggungjawaban pemberantasan korupsi kepada Presiden RI. 

Secara pribadi, saya memahami keputusan pimpinan KPK. Sungguh menyakitkan realita yang kita hadapi. Politik bukan hanya membuat buta tetapi membuat kita tidak bisa melakukan tindakan yang cerdas.

Agus Rahardjo menyerahkan kembali mandat pemberantasan KPK kepada Presuden RI (Foto : Kompas.com)
Agus Rahardjo menyerahkan kembali mandat pemberantasan KPK kepada Presuden RI (Foto : Kompas.com)
Kegundahan saya bertambah. Saya kehilangan sahabat terdekat saya, karena ia pergi jauh. 

Memang, persoalan KPK adalah satu dari yang terberat yang kita alami akhir akhir ini. Bukan hanya untuk kita, tetapi juga untuk Jokowi. Bila dibandingkan dengan persoalan Papua, maka persoalan KPK adalah persoalan serius Jokowi.  

Kesepakatan Politik Pemerintah, Jokowi dan KPK.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
Mohon tunggu...

Lihat Konten Politik Selengkapnya
Lihat Politik Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun