Mohon tunggu...
Lestyo Haryanto
Lestyo Haryanto Mohon Tunggu... Lainnya - Seorang pembelajar yang menulis apa saja

Seorang karyawan yang mempunyai hobi menulis. Sebuah tulisan baginya adalah cara untuk berbagi dengan orang lain. Ketika orang lain terispirasi dengan tulisan, ia sudah senang dan bahagia. Penulis empat buku solo dan kontributor puluhan antologi berbagai genre.

Selanjutnya

Tutup

Humaniora Pilihan

4 Alasan Mengapa Orang Enggan Berubah dan Cara Mengatasinya

8 September 2021   07:41 Diperbarui: 8 September 2021   07:44 128 6 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
4 Alasan Mengapa Orang Enggan Berubah dan Cara Mengatasinya
Pixabay

Dalam hidup ini, sadar tidak sadar kita harus mengalami apa itu perubahan.  Perubahan itu biasanya terjadi karena kita dituntut untuk beradaptasi dengan lingkungan atau suasana yang baru.  Tetapi pada kenyataannya banyak orang yang tidak mau atau enggan untuk berubah.  Mungkin mereka mempunyai beberapa alasan, antara lain:

 

Pixabay
Pixabay
  • Setiap orang mempunyai pola pikir sendiri.

Pola pikir manusia adalah sesuatu hal yang sulit diubah, apalagi pola pikir itu sudah tertanam kuat sejak masih kecil.  Pola pikir itu bisa terbentuk dari lingkungan atau dari pengalaman yang pernah dialami.  

Menghadapi orang seperti itu, mau tidak mau kita harus mengubah pola pikirnya.  Kita harus bisa memberikan informasi-informasi secara detil dan akurat mengapa perubahan itu diperlukan dan apa dampaknya bagi dia dan orang-orang di sekitarnya.

 

Pixabay
Pixabay
  • Tidak mau keluar dari zona nyaman.

Perubahan menuntut orang untuk keluar dari zona nyaman, suatu hal yang tidak menyenangkan karena terkadang kita sudah mempunyai kebiasaan yang mengakar kuat.  Penjelasan bahwa perubahan yang terjadi akan membawa sesuatu ke arah lebih baik harus ditanamkan terus-menerus kepada orang yang mengalami masalah ini.  

Orang ini harus diajak untuk membuat rencana di perubahan itu.  Orang ini harus mendapatkan kepastian bahwa di perubahan nanti, dia masih bisa seperti sekarang ini dengan hasil yang lebih lagi karena mungkin perubahan yang ada menuntut dia untuk semakin mengembangkan kelebihan yang ia miliki.

 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x
LAPORKAN KONTEN
Alasan