Mohon tunggu...
Mayangthika
Mayangthika Mohon Tunggu... Guru - Guru Ekonomi SMA Taruna Terpadu Bogor || Penulis

Tetaplah belajar, menulis dan melahirkan sebuah karya yang suatu saat diakui oleh dunia. Setiap karya yang kita lahirkan punya takdirnya masing-masing.

Selanjutnya

Tutup

Lyfe Pilihan

4 Cara untuk Menghilangkan Sifat Buruk Kita

29 Juli 2021   22:02 Diperbarui: 29 Juli 2021   22:19 45 3 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
4 Cara untuk Menghilangkan Sifat Buruk Kita
Ilustrasi Gambar : Olah pribadi di Canva

Setiap orang pasti memiliki sifat buruk masing-masing. Bahkan terkadang tanpa sadar, sifat buruk itu terbawa dari kecil hingga tua. Sifat buruk yang kita miliki tidak jarang juga bisa membuat kita minder karena malu. Atau tidak jarang pula membuat kita sampai dibuat stres olehnya.

Eits, jangan berkecil hati dulu. Kita bisa mencoba beberapa cara ini agar kita bisa menjadi pribadi yang lebih baik lagi. Minimal kita bisa mengurangi sifat buruk ini, kalau kita terus berjuang, kita bisa menghilangkannya.

1. Cobalah untuk mencatat semua sifat buruk yang ada.

Dengan  membuat daftar catatan, kita bisa mengetahui apa saja sih sifat buruk yang ada di diri kita. Kemudian mulai untuk memperbakinya. Mulailah dengan hal-hal yang kecil, seperti sering menunda-nunda pekerjaan hingga yang terbesar.

Kita juga bisa meminta bantuan ke teman atau orang di rumah untuk membantu menginstropeksi diri kita. Karena terkadang kalau kita sendiri yang menilai kekurangan yang ada di diri sendiri itu tidak objektif. Betul?

Kemudian setelah semua selesai kita tulis dalam daftar, kita bisa mencoba untuk memperbaikinya dengan mengurangi frekuensi munculnya sifat buruk itu. Misalnya : kemarin kita selalu menunda pekerjaan (apapun itu) maka hari ini kita berusaha untuk tepat waktu. Walaupun belum maksimal namun bila kita terus membiasakan bukan tidak mungkin lagi kita akan menghilangkan sifat ini.

2. Fokuskan ke hal-hal yang lebih positif

Sifat buruk itu awalnya adalah karena kita coba-coba, lama kelamaan kita akan terbiasa dengan hal yang menurut kita baik, ternyata tidak.

Cobalah untuk merubah fokus kita ke hal yang lebih positif, misalnya dengan banyak membaca buku, atau berkumpul dengan orang-orang yang bisa membawa kita ke arah yang lebih positif. Dengan begitu kita akan mulai "belajar" untuk meninggalkan atau melupakan sifat buruk kita.

Tanamkan keyakinan pada dirimu kalau kita bisa! Maka bila kita yakin kita bisa maka secara tidak langsung kita sudah mulai terpengaruh oleh kalimat positif ini.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN