Mohon tunggu...
Mayangthika
Mayangthika Mohon Tunggu... Guru - Guru Ekonomi SMA Taruna Terpadu Bogor || Penulis

Tetaplah belajar, menulis dan melahirkan sebuah karya yang suatu saat diakui oleh dunia. Setiap karya yang kita lahirkan punya takdirnya masing-masing.

Selanjutnya

Tutup

Humaniora Pilihan

Sedang Dilanda Krisis Kepercayaan Diri, Inilah 6 Tips Cara Mengatasinya

7 Juli 2021   06:29 Diperbarui: 7 Juli 2021   16:00 86 4 1 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Sedang Dilanda Krisis Kepercayaan Diri, Inilah 6 Tips Cara Mengatasinya
Ilustrasi Gambar. Sumber: Geulgram

Suatu ketika saya pernah mendapat kesempatan untuk berbicara di depan orang banyak. Saya diberi kesempatan satu minggu untuk mempersiapkan semuanya. Awalnya saya pikir, "Ah hanya bicara saja masa tidak bisa?". Namun pada saat hari-H, saat semua orang sudah hadir dan siap untuk menyimak, tiba-tiba semua hal yang telah dipelajari dan disiapkan seketika hilang.

Hawa dingin menjalar sampai ke telapak tangan, kaki terasa tidak berpijak, keringat dingin sebesar biji jagung terus mengalir deras. Jangankan membawakan materi dengan baik, sekedar bertahan  berdiri di depan pun rasanya sudah kewalahan karena grogi.

Di lain waktu, saya pernah mengalami grogi saat berkumpul dengan teman-teman saya di suatu acara reuni. Merasa tidak percaya diri. Acara yang seharusnya menjadi ajang bernostalgia justru berubah menjadi sebuah penyesalan karena tidak percaya diri. Akhirnya sedikit demi sedikit mengambil langkah kaki seribu untuk menghilang dari kerumunan. Aduh malunya.

Mungkin pengalaman ini juga pernah teman-teman alami. Merasa tidak percaya diri hingga akhirnya membatasi diri untuk maju.

Eits tenang saja, ternyata krisis kepercayaan diri ini bisa kita hilangkan loh. Kita bisa berlatih setiap hari untuk membangun kepercayaan diri yang baik, inilah beberapa tips yang bisa kita coba.

1. Selalu berusaha untuk berpola pikir yang positif

Rasa percaya diri bisa muncul jika kita selalu berpikir positif dalam menjalani hari.  Berusahalah untuk menghilangkan rasa takut dan cemas yang tidak berasalan, karena itu akan mempengaruhi suasana hati dan pikiran menjadi buruk.

Selalu ucapkan beberapa kalimat positif untuk menyemangati diri sendiri dalam hati agar kita bisa melakukan semua hal dengan baik. Ternyata walaupun hanya sekedar ucapan penyemangat, namun ini bisa memberikan efek positif dalam diri kita.

Misalnya saja kamu bisa katakan dalam hati, "Aku Bisa", maka secara tidak langsung kita mendapat suntikan semangat dari diri sendiri. Tanamkan kalimat-kalimat ini secara rutin sehingga kita bisa merasa lebih yakin pada dirimu sendiri.

2. Setiap orang mempunyai kelebihan dan kekurangan masing-masing.

Meyakini bahwa Allah menciptakan manusia itu lengkap dengan kelebihan dan kekurangannya. Tidak ada manusia yang hanya mempunyai kelebihan tanpa kekurangan sedikitpun. Kita semua pun sama, hanya mungkin beberapa dari mereka bisa mengatasi kekurangan mereka dengan merubahnya menjadi lebih baik.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN