Mohon tunggu...
Laela Syifa
Laela Syifa Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswa

Mahasiwa di Unnes

Selanjutnya

Tutup

Ruang Kelas

Sosialisasi Program Peningkatan Kualitas Rumah Tidak Layak Huni dan Lingkungan Sehat di Desa Jambangan, Kabupaten Rembang

7 Desember 2022   14:45 Diperbarui: 15 Desember 2022   08:11 73
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Rembang - Tim KKN UNNES GIAT 3 Desa Jambangan melaksanakan Sosialisasi Program Pemerintah tentang Peningkatan Kualitas Rumah Tidak Layak Huni dan Lingkungan Sehat di Desa Jambangan, Kecamatan Sarang, Kabupaten Rembang pada tanggal 22 November 2022 yang dalam pelaksanaannya melakukan persurveian langsung ke rumah-rumah warga di Desa Jambangan. Program ini dilaksanakan dengan tujuan mendorong keterlibatan perguruan tinggi dan meningkatkan kesadaran masyarakat dalam upaya mewujudkan rumah layak huni dan kawasan pemukiman yang berkualitas di Provinsi Jawa Tengah secara terpadu dan berkelanjutan.

Rumah Tidak Layak Huni (RTLH) adalah rumah yang tidak memenuhi persyaratan kecukupan minimal luas, kualitas, dan kesehatan bangunan. Indikator rumah tangga yang memiliki akses terhadap hunian yang layak dan terjangkau memiliki 4 kriteria, yaitu pertama, keselamatan bangunan dimana bahan bangunan untuk struktur (pondasi), atap, lantai, dan dinding memenuhi syarat. Kedua, kecukupan minimum luas bangunan, yang maksudnya luas lantai per kapita > 7,2 m2. Ketiga, akses air minum layak yang artinya rumah tangga (RT) menggunakan sumber air minum atau RT yang menggunakan air kemasan atau air isi ulang sebagai air minum. Keempat, akses sanitasi layak yang mana rumah tangga memiliki fasilitas sanitasi baik individual maupun komunal.

Program ini dilaksanakan melalui mekanisme bankeupemdes (bantuan keuangan kepada pemerintah desa) yang diberikan sebagai bentuk dukungan daerah kepada pemerintah.

Menurut data dari Balai desa, terdapat 20 rumah yang akan menjadi sasaran sosialisasi kegiatan Program Pemerintah tersebut. Tim KKK UNNES GIAT 3 Desa Jambangan ikut berpartisipasi dengan melakukan pendataan, serta mengambil keputusan untuk rumah yang akan menjadi prioritas program RTLH dan kemudian dapat dikirimkan ke Dinas Perumahan Rakyat dan Kawasan Pemukiman Provinsi Jawa Tengah.

Rumah yang tidak sehat akan menjadi sumber penyakit sehingga membuat penghuninya tidak sehat. Karena itu, Tim KKN UNNES GIAT 3 Desa Jambangan siap membantu dengan mensosialisasikan untuk menyadarkan masyarakat betapa pentingnya rumah sehat bagi kehidupan.

Sejauh ini, TIM KKN UNNES GIAT 3 Desa Jambangan sudah melakukan sosialisasi ke beberapa rumah warga yang menjadi sasaran program tersebut dan diputuskan terdapat 4 rumah prioritas yang akan diajukan kepada Disperakim (Dinas Perumahan Rakyat dan Kawasan Pemukimam Provinsi Jawa Tengah).

Lebih lanjut, Sosialisasi Rumah Tidak Layak Huni dan Lingkungan sehat ini berdampak langsung dan tidak langsung terhadap kualitas hidup masyarakat. Untuk mewujudkan hal tersebut, seseorang harus menempati rumah sehat layak huni. Pasalnya dalam rumah sehat akan menghasilkan generasi yang sehat, baik sehat jasmani maupun rohani.

#bersamaUNNESGIAT membangun Indonesia dari Desa

Mohon tunggu...

Lihat Konten Ruang Kelas Selengkapnya
Lihat Ruang Kelas Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun