Mohon tunggu...
KKN9 Majau
KKN9 Majau Mohon Tunggu... Freelancer - Mahasiswa

Kuliah Kerja Nyata Kelompok 9 Universitas Budi Luhur

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud Pilihan

Kampung Bersih: Mewujudkan Lingkungan Bersih dan Sehat di Desa Majau

4 Maret 2024   12:17 Diperbarui: 4 Maret 2024   12:25 194
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Pembukaan Kuliah Kerja Nyata (KKN) Tanggal 19 Februari 2024 Di Kantor Desa Majau/dokpri

Kuliah Kerja Nyata (KKN) memiliki tujuan utama untuk membantu mahasiswa mengaplikasikan ilmu pengetahuan dan keterampilan yang telah diperoleh di bangku kuliah dalam konteks nyata dan Memberikan kesempatan kepada mahasiswa untuk mengaplikasikan pengetahuan akademis mereka dalam situasi kehidupan nyata di masyarakat. Memungkinkan mahasiswa mengembangkan keterampilan praktis yang tidak hanya terbatas pada aspek akademis, tetapi juga melibatkan kemampuan berkomunikasi, kepemimpinan, kerjasama tim, dan pemecahan masalah yang akan kami lakukan kegiatan - kegiatan di desa majau.

Pembukaan

Pada tanggal 19 Februari 2024 yang penuh semangat, Kelompok 9 Kuliah Kerja Nyata (KKN) memasuki Desa Majau dengan harapan dan keinginan untuk menciptakan perubahan positif. Dengan langkah-langkah optimis, kami meresmikan pengerjaan proyek ini, menandai awal dari kisah kolaboratif yang penuh makna.

Mempererat Keterlibatan Komunitas

 Acara pembukaan diawali dengan sambutan hangat dari para tokoh masyarakat Desa Majau. Suasana akrab dan kebersamaan tercipta sejak awal, mempererat keterlibatan antara kelompok KKN dan masyarakat setempat. Dalam pidato singkat, perwakilan desa menyambut kami dengan tangan terbuka, menyampaikan harapannya untuk hasil kerja sama yang baik.

Menetapkan Fokus Proyek

Sebagai bagian dari upaya kami untuk memahami dan memenuhi kebutuhan sebenarnya di Desa Majau, kami mengadakan pertemuan internal untuk menetapkan fokus proyek. Dengan pendekatan partisipatif, masyarakat dilibatkan dalam diskusi yang membantu kami merinci langkah-langkah konkret untuk mencapai tujuan bersama dengan proker - proker yang kami akan kerjakan , Terutama pada proker pertama yang dinamakan Proker Sosialisasi.  

1. Program sosialisasi

Tanggal 25 februari 2024 di auditorium sekolah MI/dokpri
Tanggal 25 februari 2024 di auditorium sekolah MI/dokpri
Pada Tanggal 21 Februari 2024 Hari Peduli Sampah Indonesia, Kelompok 9 KKN Desa Majau menginisiasi Program Sosialisasi dan Pelatihan Pengelolaan Sampah. Kegiatan ini dirancang dengan tujuan utama meningkatkan kesadaran dan pemahaman masyarakat tentang pentingnya pengelolaan sampah yang berasal dari lingkungan rumah tangga. Lebih dari sekadar sosialisasi, program ini bertujuan untuk meningkatkan wawasan masyarakat dalam membedakan sampah organik dan anorganik, menciptakan lingkungan yang lebih bersih, dan menjaga kesehatan bersama. 
  • Sosialisasi dan Pelatihan Pengelolaan Sampah

Program dimulai dengan sesi sosialisasi yang mendalam mengenai jenis-jenis sampah dan dampaknya terhadap lingkungan. Kami menyampaikan informasi yang mudah dipahami tentang cara memilah sampah, mengenali jenis sampah organik dan anorganik, serta langkah-langkah praktis untuk mengelola sampah di lingkungan sehari-hari.  

  • Proyek Pembuatan Pupuk Takakura 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun