Mohon tunggu...
Dzakwan Ariqah
Dzakwan Ariqah Mohon Tunggu... Lainnya - Mahasiswa Baru ITB - Alumnus Pemali Boarding School PT Timah Tbk

Sedang mengisi waktu luang dengan menulis

Selanjutnya

Tutup

Pendidikan Pilihan

Optimalisasi Website Sekolah untuk Peningkatan Kualitas Pendidikan

19 April 2024   00:02 Diperbarui: 19 April 2024   00:16 191
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Sumber gambar: istockphoto.com

Perkembangan teknologi di era saat ini telah menjadi sebuah kenyataan yang harus dimanfaatkan secara optimal. Hadirnya teknologi termasuk di dunia pendidikan harus mendapat perhatian agar terbangun sebuah pendidikan yang adaptif terhadap perkembangan zaman. 

Tuntutan zaman kini juga memaksa adanya penyesuaian terhadap pelayanan dari pendidikan. Pada akhirnya, lembaga pendidikan harus membuka mata dan mengambil inovasi dalam berbagai aspek agar tercapai kualitas pendidikan yang sejalan dengan era digital saat ini.

Salah satu bentuk upaya yang dapat dilakukan adalah dengan mengoptimalkan website sekolah. Website sekolah dapat menjadi sebuah inovasi ditengah kebiasaan masyarakat yang dekat dengan teknologi berbasis internet dan digital. 

Dalam artikel ini, penulis akan mengulas beberapa alasan mengapa perlu adanya optimalisasi website sekolah dan perannya dalam menunjang proses pendidikan.


1. Media Perkenalan Profil Sekolah dan Peserta Didik


Sekolah sebagai lembaga pendidikan yang hadir ditengah masyarakat harus melakukan pendekatan dengan terbukanya informasi mengenai profil sekolah tersebut. 

Website sekolah dapat memuat informasi umum terhadap suatu sekolah seperti nama, akreditasi, lokasi, sejarah berdiri, hingga data umum yang layak diketahui seperti jumlah ter-update tenaga pendidik dan siswa yang ada disekolah pada saat itu.


2. Menjadi Media Informasi yang Akurat

Website sekolah dapat menjadi salah satu media untuk memberikan informasi yang akurat dan efisien dengan kemudahan mengakses bagi pihak yang berkepentingan (guru, siswa, orang tua, dan masyarakat). 

Informasi yang terdapat di website dapat berupa kurikulum pendidikan, jadwal mata pelajaran, dokumentasi kegiatan, hingga prestasi yang diraih siswa maupun sekolah itu sendiri. Dengan demikian, website sekolah dapat menjadi saran yang mendukung keterbukaan dan transparansi informasi antar stakeholdernya.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Pendidikan Selengkapnya
Lihat Pendidikan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun