Mohon tunggu...
Labibatul Khusna
Labibatul Khusna Mohon Tunggu... Wiraswasta - wiraswasta

hopi traveling

Selanjutnya

Tutup

Pendidikan

Penerapan Model Pembelajaran Kumon untuk Meningkatkan Minat Belajar Siswa Materi Persamaan Linear Satu variabel

13 Desember 2022   09:00 Diperbarui: 13 Desember 2022   08:59 366
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Pendidikan. Sumber ilustrasi: PEXELS/McElspeth

Penerapan Model Pembelajaran Kumon Untuk Meningkatkan Minat Belajar Siswa Pada Materi Persamaan Linear Satu Variabel

 

Latar Belakang

Pendidikan merupakan suatu kebutuhan untuk menciptakan manusia yang berilmu dan berpengetahun. Berdasarkan pada Undang-Undang tentang sistem pendidikan nasional nomor 2 tahun 1989, bahwa pendidikan adalah usaha sadar untuk menyiapkan siswa melalui kegiatan bimbingan, pengajaran, dan latihan bagi peranannya di masa yang akan datang (Suvriadi, 2017). Mata pelajaran matematika merupakan salah satu pelajaran yang ada pada semua jengjang pendidikan. Matematika adalah suatu ilmu untuk mengembangkan cara berpikir dan merupakan cabang ilmu pengetahuan eksak yang teroganisir secara sistematik (Karyanti, 2017).Matematika juga merupakan pelajaran wajib yang harus dikuasai siswa, akan tetapi matematika juga masih dianggap sebagai salah satu pejaran yang sulit dipelajari siswa. Akibatnya minat  belajar siswa menurun sehingga berdampak pada rendahnya hasil belajar siswa pada mata pelajaran matematika.

Oleh karena itu perlu adanya suatu model pembelajaran yang mampu meningkatkan minat belajar siswa, sehingga dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada pembelajaran matematika. Penerapan model pembelajaran kumon dianggap mampu untuk meningkatkan pemahaman konsep siswa. Model pembelajaran kumon adalah suatu model pembelajaran perseorangan untuk menggali kemampuan sendiri. Dengan memberikan latihan berupa soal yang disusun sedemikian rupa secara sistematis dan smalls steps. Soal-soal tersebut disusun secara sistematis dimulai dengan soal yang mudah ke soal yang sukar. Latihan soal pada model pembelajaran ini didesain sedemikian rupa sehingga siswa dapat memahami sendiri bagaimana menyelesaikan soalnya. Jika siswa belajar dengan kemampuannya sendiri, maka siswa tidak akan merasa kesulitan saat menjumpai soal yang sukar.

Masalah

Berdasarkan observasi yang telah dilakukan peneliti di lingkungan sekitar didapatkan permasalahan sebagai berikut:

  • Siswa kesulitan memahami soal yang berbeda dari contoh
  • Siswa kurang percaya diri dengan hasil kemampuannya sendiri

Landasan Teori/Tinjauan Pustaka

Model pembelajaran kumon

Pembelajaran Kumon adalah suatu pembelajaran yang mengaitkan antara konsep, keterampilan, dan kerja individual, serta menjaga suasana nyaman dan menyenangkan. Pada awalnya Kumon merupakan salah satu koorporasi pendidikan yang digagas pertama kali oleh Toru Kumon dari Osaka, Jepang, pada tahun 1958. Kemudian diadopsi sebagai model pembelajaran yang umumnya digunakan untuk pengajaran matematika dan membaca. Kini, model tersebut sudah di praktekkan di berbagai negara di dunia dan memiliki pusat-pusatnya tersendiri. Model pembelajaran kumon merupakan model belajar perseorangan. Keistimewaan Kumon adalah karena siswa diberi kesempatan untuk memulai belajar dari dari bagian yang dapat dikerjakan sendiri dengan mudah, tanpa kesalahan. Melalui pencapaian target dengan kemampuan tersendiri, siswa akan merasakan kegembiraan dan kepuasan. Kumon menggali potensi setiap individu dengan metode belajar mandiri yang di sesuaikan dengan kemampuan setiap individu. Tahapan pembelajarannya antara lain:

  • Setiap siswa diberi soal-soal berupa penyelesaian masalah didalamnya berisi sajian-sajian konsep yang berkaitan dengan materi.
  • Siswa belajar menyelesaikan masalah yang diberikan oleh guru secara individu.
  • Guru mengoreksi dan memberi nilai hasil jaaban siswa secara langsung
  • Jika terdapat kesalahan dalam jawaban siswa, guru mengembalikan hasil jawaban kepada siswa tersebut untuk diperbaiki.
  • Jika siswa berkali-kali melakukan kekeliruan, maka guru memberikan bimbingan secara personal kepada siswa tersebut.
  • Guru bersama-sama dengan siswa membahas dan mengerjakan soal.
  • (Lestari. Karunia EKa, 2015)

Materi Persamaan Linear Satu Variabel

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
  5. 5
Mohon tunggu...

Lihat Konten Pendidikan Selengkapnya
Lihat Pendidikan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun