Mohon tunggu...
Kumari Pramudita
Kumari Pramudita Mohon Tunggu... Penulis - Penulis
Akun Diblokir

Akun ini diblokir karena melanggar Syarat dan Ketentuan Kompasiana.
Untuk informasi lebih lanjut Anda dapat menghubungi kami melalui fitur bantuan.

content writer tentang bisnis dan waralaba

Selanjutnya

Tutup

Money

Membangun Manajemen yang Baik untuk Perkembangan Bisnis

2 Juli 2020   16:00 Diperbarui: 2 Juli 2020   15:59 66
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Bisnis. Sumber ilustrasi: PEXELS/Nappy

Tidak ada yang mudah dalam membangun bisnis, selain itu proses yang dilalui tidak secepat yang dibayangkan, atau ibaratnya tidak semudah membalikkan telapak tangan. Upaya ini dirasa menantang dan membutuhkan keterampilan, dorongan, serta bakat alami untuk dicapai. Bahkan hal dalam proses membangun bisnis tidak ada jaminan kesuksesan.

Bahkan pengusaha yang berhasil membangun dan mengembangkan bisnisnya pasti mengalami berbagai macam rintangan yang menjadi pertimbangan sebelumnya. Salah satu rintangan seorang pebisnis dalam membangun bisnisnya adalah merekrut tim manahemen yang mampu mendorong bisnis mereka menjadi lebih besar dan hebat.

Berikut akan diahas beberapa informasi yang bisa digunakan tentang pemilihan waktu, posisi, serta bagaimana mengisinya dengan orang yang tepat.

Mencapai Keseimbangan

Salah satu tanda bahwa pemilik bisnis yang sekaligus berperan sebagai CEO harus mulai membangun tim manajemen adalah ketika mereka sudah banyak menghabiskan waktu untuk memgawasi tugas sehari-hari dibanding menyusun strategi bisnis.

Banyak pemilik bisnis atau CEO yang tidak segera mengambil keputusan untuk membentuk tim manajemen, bahkan hingga terlambat. Pembentukan tim manajemen sebaiknya dilakukan sedini mungkin, karena semakin terlambat akan mendatangkan kesulitan dan berbagai masalah bagi perusahaan.

Membangun Tim

Ada beberapa posisi tingkat atas yang merupakan susunan manajemen tingkat awal, diantaranya COO, CFO, CMO, dan CEO.

Chief Operating Officer (COO): Posisi ini merupakan tangan kanan CEO yang memiliki tugas mengukur, melacak, dan mengelola sagala hal yang berkaitan dengan bagaimana menghasilkan produk dan layanan yang berkualitas.

Chief Financial Officer (CFO): CFO bertugas menangani aspek keuangan dalam perusahaan. Menciptakan dan mengelola keuangan serta memastikan bisnis tidak merugi dan memiliki investasi tinggi untuk simpanan masa depan.

Chief Marketing Officer (CMO): CMO bertugas untuk mengontrol aspek pengembangan yang menunjang penjualan sebagai sumber kehidupan bisnis. Pekerjaan ini bisa dibilang paling sulit.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Money Selengkapnya
Lihat Money Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun