Mohon tunggu...
Kristiana gea
Kristiana gea Mohon Tunggu... Desainer - Welcome

Fb : kris gea Bergerak tanpa melihat 😊

Selanjutnya

Tutup

Cerpen

Tutur Kata yang Lembut Pembawa Berkat

19 Maret 2021   09:36 Diperbarui: 19 Maret 2021   09:44 91
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Dokumentasi pribadi

"Terimakasih pak, mohon maaf jika ada kesalahan" (penuh dengan senyum dan keramahan). Begitulah balasan saya terhadap seorang pembeli di pagi ini. 

Seperti biasanya saya selalu melayani pembeli di warung. Pagi ini saya sedang menjaga jualan sambil memainkan ponsel saya. Membuka media sosial dan mempromosikan dagangan tiba tiba datang seorang bapak dengan mengendarai mobil hitamnya dan berhenti didepan meja dagangan kami. Dia turun dan menanyakan harga perkilo daging. Saya menjawabnya dengan senyum "120rb perkilo pak" dan jawabannya sedikit tidak enak didengar "akh.. Mengapa jualanmu mahal sekali, kau jualan mengambil untuk yang sangat besar, jauh berbeda dengan penjual di pasar. 100rb lah perkilo. Seperti harga di pasar" saya sempat diam dan tidak merespon omongan bapak itu dan menarik napas sebentar "pak, saya bukan sombong. Tapi daging yang kami jual adalah daging asli daging babi kampung dan modalnya juga tinggi. Daging yang kami jual ini kami jamin sehat dan kami jamin babi kampung". Kemudian bapak itu pergi dan tidak membeli daging. Saya melanjutkan membuka media sosial saya dan menarik ulur beranda facebook saya. Sekitar 35 menit kemudian bapak itu kembali dan membeli daging 5kg tanpa menawar lagi. Sayapun mengikuti kemauan nya dan memotong daging yang dia pilih. Setelah selesai dia memberikan uang kepada saya Rp 620.000. Karena uang yang dia berikan lebih, saya mengembalikannya namun bapak tu berkata "ambillah untukmu, kamu sudah memotong daging yang saya pesan. Terimakasih dan semoga laris" mendengar omongan itu saya langsung mengaminkannya dan membalas "Terimakasih pak, mohon maaf jika ada kesalahan".

Dengan rasa senang saya kembali duduk dan merenungkan apa yang membuat bapak itu kembali dengan sikap yang berbeda. Yang awalnya dia kasar berubah menjadi ramah dan baik hati. Saya terus berbicara dalam hati dan memikirkan apa yang terjadi dengan bapak itu hingga ia berubah pikiran. Kemudian saya bercerita dengan ibu saya apa yang barusan terjadi dan ibu saya pun menjelaskan bahwa keramahan saya, tutur kata saya yang lembut menjawab omongannya yang kasar telah membuat sikapnya berubah sehingga ia memutuskan untuk kembali membeli. 

Saya kembali merenungkan penjelasan ibu saya. Dan mengambil pelajaran penting didalamnya yakni dengan tutur kata yang lemah lembut akan mendatangkan berkat. 

Mohon tunggu...

Lihat Konten Cerpen Selengkapnya
Lihat Cerpen Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun