Mohon tunggu...
Kris Banarto
Kris Banarto Mohon Tunggu... Human Resources - Praktisi Bisnis

www.ManajemenTerkini.com

Selanjutnya

Tutup

Worklife Artikel Utama

Begini 4 Peran Coach dalam "Facilitates Clients Growth"

26 Juli 2021   06:51 Diperbarui: 26 Juli 2021   11:15 311 47 21 Mohon Tunggu...

“Anda tidak pernah mengubah orang dengan melawan realitas mereka yang ada” (Richard Buckminster Fuller, arsitek, penulis dan penemu dari Amerika Serikat).

Manusia dengan segala perilaku yang ada tidak mudah diubah oleh orang lain. Karena ia sudah memiliki keyakinan-keyakinan yang dibangun dari pengalaman sejak kanak-kanak. Perubahan dianggap tidak penting dan lebih memilih berada di zona nyaman.

Anehnya keyakinan ada yang berada di pikiran sadar (conscious mind) maupun pikiran bawah sadar (subconscious mind). 

Pikiran sadar merupakan pikiran berdasarkan logika yang berfungsi sebagai perencana. Sedangkan pikiran bawah sadar berhubungan dengan pikiran kreatif yang melaksanakan apa yang direncanakan alam sadar. Pikiran bawah sadar berisi memori subjektif yang hanya sekadar merespons apa yang diputuskan pikiran sadar.

Jika yang kita pikirkan adalah hal-hal negatif, maka pikiran bawah sadar akan menyimpannya dan akan mengeluarkan hal negatif. Demikian pula sebaliknya jika sesuatu yang ada dalam pikiran positif, maka akan memunculkan sesuatu yang positif.

Pikiran bawah sadar ibarat tanah yang dapat menumbuhkan pohon apa saja tergantung dari benih yang ditaburkan. Menaburkan benih buruk akan menuai keburukan demikian halnya berlaku sebaliknya.

Pengertian Perilaku

Menurut Burrhus Frederic Skinner, Profesor psikologi dari Harvard University (1958-1974) merumuskan behaviour atau perilaku merupakan respons atau reaksi seseorang terhadap stimulus atau rangsangan dari luar.

Oleh karena itu perilaku terjadi melalui proses adanya stimulus terhadap organisme, dan kemudian organisme tersebut merespons. 

Maka teori Skinner ini disebut teori “SOR” atau Stimulus, Organisme dan Respons. Sedangkan organisme menurut KBBI diterjemahkan sebagai susunan yang bersistem dari berbagai bagian jasad hidup untuk suatu tujuan tertentu. Nah, perilaku manusia terbentuk oleh beberapa faktor yaitu:

Pertama, Persepsi
Persepsi merupakan tanggapan atau penerimaan dari pengalaman yang diperoleh melalui indra penglihatan, pendengaran, penciuman, perabaan dan pengecapan.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x