Mohon tunggu...
Kris Banarto
Kris Banarto Mohon Tunggu... operarius

menggapai makna, melukis aksara

Selanjutnya

Tutup

Filsafat Pilihan

Tubuh Terpenjara, Tetapi Tidak untuk Pikiran Anda

8 Mei 2020   10:26 Diperbarui: 8 Mei 2020   10:23 53 5 1 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Tubuh Terpenjara, Tetapi Tidak untuk Pikiran Anda
Image by Pexels.com

Manusia diperlengkapi dengan pikiran, melaluinya dapat menggerakan otak dan memerintahkan anggota tubuh untuk melakukan sesuatu. Pikiran apabila tidak dikendalikan akan berbahaya, walaupun tidak melakukan secara fisik. Ketika kita menyimpan pikiran dendam dan kebencian dengan orang akan membuat buruk bagi diri kita, sedangkan orang yang dibenci tidak akan terpengaruh apa-apa.

Menurut KBBI 'pikiran' dari kata dasar pikir artinya hasil berpikir (memikirkan), akal (dalam arti daya upaya), ingatan, angan-angan, gagasan, niat dan maksud. Memahami pengertian tersebut ada beberapa hal penting mengenai pikiran :

1. Pikiran merupakan hasil berpikir, berarti ada proses untuk mempertimbangkan sesuatu berdasarkan pengalaman dan pengetahuan yang dipunyai.

2. Pikiran dalam artian akal untuk berdaya upaya, pikiran bisa menjadi kreatif tergantung bagaimana kita menggunakannya.

3. Pikiran sebagai ingatan berarti ada pengalaman dan pengetahuan yang tersimpan di otak utuk dimunculkan kembali.

4. Sedangkan pikiran diartikan angan-angan dan gagasan berarti ada rencana bisa berupa impian yang akan dilakukan atas pikiran yang sudah diolah berdasarkan pengalaman dan pengetahuan yang ada.

5. Arti pikiran sebagai niat dan maksud, merupakan kehendak akan melalukan sesuatu.

"Salah satu pengkerdilan terkejam dalam hidup adalah membiarkan pikiran yang cemerlang menjadi budak bagi tubuh yang malas, yang mendahulukan istirahat sebelum lelah".- Buya Hamka

Dari uraian pengertian pikiran tersebut diatas berarti ada tiga tahapan pikiran manusia:

Image dokpri by kris banarto
Image dokpri by kris banarto

1. Past (masa lalu)

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x