Mohon tunggu...
KPMT 3 Unipdu
KPMT 3 Unipdu Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswa

Kami dari KPMT XXI UNIPDU Kelompok 3 Desa Bangsri

Selanjutnya

Tutup

Ruang Kelas Pilihan

Brownies Pisang yang Digandrungi Oleh Warga Desa Bangsri

15 September 2022   15:37 Diperbarui: 15 September 2022   15:49 151 1 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Brownies Pisang KPMT XXI Unipdu Kelompok 3 Bangsri (Foto: Dokpri)

BANGSRI-Kecamatan Plandaan, desa yang masih asri dan terkenal dengan kesuburan tanahnya, banyak bahan-bahan pokok yang ditanam di ladang masyarakat Desa Bangsri.

Masyarakat Desa Bangsri sebagian besar bekerja sebagai petani dan berkebun. Mayoritas yang ditanam dikebun mereka adalah pohon pisang. Maka dari itu, anggota KPM kelompok 3 Unipdu yang mengabdi di Desa Bangsri mengadakan UMKM Membuat Bownies Pisang Bersama warga bangsri terutama ibu-ibu PKK dan kader-kader posyandu bangsri yang turut hadir dan berkontribusi pembuatan Brownies Pisang.

Sebelum pembutan Brownies Pisang anggota KPM melakukan pengenalan terkait apa saja bahan-bahan yang akan dibutuhkan dan juga cara pembuatannya agar Brownies Pisang yang akan dibuat rasanya sesuai yang di inginkan. Bahan-bahan yang diperlukan yaitu 75 gram, dark cooking chocolate, 100 gram margarin, 300 gram pisang,  60 gram tepung terigu serbaguna, 2 sdm coklat bubuk, 1 sdt baking powder, ½ sdt vanili, 3 butir telur, ½ sdm cake emulsifiers/SP, 40 gram gula pasir. Bahan-bahan untuk toping ¼ meses coklat, dan ¼ chocochips.

Cara pembuatannya sangat mudah. Bahan-bahan tersebut dicampur dan dimixer jadi satu setelah tercampur semua bahan, dikukus selama 15 menit. Setelah mengembang kuenya tabur bahan-bahan topingnya. Rasa brownies pisang yang telah dibuat sangat lezat, rasa coklatnya berasa dan lumer berpaduan dengan toping chocochips menambah rasa manis saat dimakan.

Anggota KPM kelompok 3 memilih pembuatan Brownies Pisang ini sebab bukan hanya pembuatannya yang mudah tetapi sehat untuk dikonsumsi atau dibuat cemilan. Dengan adanya UMKM pembuatan brownies juga menambah wawasan ibu-ibu desa bangsri untuk membuat kue. Mereka sangat antusias dan puas dengan hasilnya.

Pelatihan UMKM Brownies Pisang Bersama Ibu-Ibu PKK Desa Bangsri (Foto: Dokpri)
Pelatihan UMKM Brownies Pisang Bersama Ibu-Ibu PKK Desa Bangsri (Foto: Dokpri)

#UnipduHebat #LPPMUNIPDU #KPMT XXI 2022

Mohon tunggu...

Lihat Konten Ruang Kelas Selengkapnya
Lihat Ruang Kelas Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan