Mohon tunggu...
Rudy Gunawan
Rudy Gunawan Mohon Tunggu... Numerolog

Pemegang Rekor MURI sebagai NUMEROLOG PERTAMA di INDONESIA. Member of IPSA (Indonesian Professional Speakers Association). Enterpreneur, Speaker, Author, Numerologist.

Selanjutnya

Tutup

Foodie Pilihan

Artikel Masakan di Kompasiana, Sejarah Buku Masakan di Indonesia

4 April 2021   14:24 Diperbarui: 4 April 2021   14:48 219 30 13 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Artikel Masakan di Kompasiana, Sejarah Buku Masakan di Indonesia
Artikel Masakan di Kompasiana, Sejarah Buku Masakan di Indonesia (zenithfit.co.uk)

Ayo main tebak-tebakan.

Berapa banyak olahan tempe yang kamu tahu? Tempe belacan, tempe goreng, tempe mendoan. Apalagi? Mungkin ada sekitar 10 hingga 20 an? Nyatanya lebih dari itu.

Dilansir dari situs resep populer cookpad, terdapat 92.545 resep olahan tempe. Dan masih terus bertambah. Olahan tahu lebih banyak lagi. Hampir dua kali lipat. Tepatnya 146.175 resep. Ini belum termasuk yang tidak terdaftar.

Membuktikan bahwa resep olahan masakan bisa dilihat dari berbagai perspektif. Otak manusia yang kreatif akan terus berinovasi menciptakan resep-resep masakan baru.

Pencinta kuliner zaman now sudah sepantasnya bersyukur. Buku Resep masakan tidak perlu lagi dibeli di toko buku. Semuanya gratis dan mudah diakses. Menjadi bahan untuk mengulik masakan rumahan ataupun jualan.

Tapi, jauh sebelum itu, kisahnya berbeda. Pada saat para buyut masih hidup, buku masakan adalah hal yang langka.

Buku masak berisikan resep, takaran bahan, teknik pengelolahan, hingga cara penyajian. Bahkan lebih dari itu, sebagai saksi bisu sejarah kuliner di Indonesia. Sayangnya tidak banyak yang bisa ditemukan.

Tahun 1900 an

Di Indonesia, buku masakan tertua berjudul Indisch Kookboek: Bevattende Voorschriften Om Op de Beste, Eenvoudigste eb Goedkoopste yang diterbitkan pada tahun 1872.

Buku yang berisikan berbagai macam resep Nusantara ini diterbitkan di Belanda. Tapi, entah kenapa kurang populer.

Barulah sesudah itu, buku resep lainnya bermunculan. Salah satu yang paling terkenal adalah karya J. Noorduyn. Judulnya Hollandsche Tafel in Indie.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
  5. 5
  6. 6
  7. 7
VIDEO PILIHAN