Mohon tunggu...
Klinik Akuntansi
Klinik Akuntansi Mohon Tunggu...

www.klinikakuntansi.com\r\n\r\n\r\n\r\n\r\n\r\n\r\n\r\nIntegrated Accounting System Consultant\r\nFor Growth and Expand Your Business\r\n\r\nSebagai perusahaan konsultan akuntansi dan bisnis terpercaya Klinik Akuntansi - Pelayan UKM Spesialis Sistem Akuntansi Moderen - sangat responsif terhadap perkembangan dunia usaha kecil-menengah di Indonesia khususnya di Riau-Kepulauan Riau yang saat ini telah menjadi salah satu kota industry terbesar di Indonesia. Dengan niat tulus untuk menjadi salah satu pilar penopang perekonomian umat, Kami berperan aktif dalam memajukan masyarakat dan membantu membangun manajemen akuntansi perusahaan-perusahaan secara jujur, tersistem dan terarah. Sekarang kami hadir di Kompasiana untuk mempermudah Anda memperoleh informasi apapun mengenai implementasi sistem manajemen akuntansi.

Selanjutnya

Tutup

Catatan

Jenis–jenis Laba

29 April 2014   17:26 Diperbarui: 23 Juni 2015   23:04 0 0 0 Mohon Tunggu...

Dalam menjalankan sebuah usaha dapat dipastikan terjadi proses penjualan sebagai aktivitas utama dari usaha tersebut. Aktivitas berupa penjualan itu tentunya dilakukan dalam rangka menghimpun pendapatan sebesar-besarnya. Karena semakin besar pendapatan diyakini semakin besar pula keuntungan yang akan diperoleh. Perolehan keuntungan itulah yang kita kenal sebagai laba.

Pengertian laba menurut Henry Simamora (2002 : 45)

“Laba adalah perbandingan antara pendapatan dengan beban. Jikalau pendapatan melebihi beban maka hasilnya adalah laba bersih”.

Namun ternyata, laba tidaklah mono ras. Artinya laba juga terbagi atas beberapa macam. Jenis-jenis laba itu dikemukakan oleh Theodorus M. Tuanakotta. Theodorus M. Tuanakotta (2001 : 219) mengemukakan jenis-jenis laba dalam hubungannya dengan perhitungan laba, yaitu :

  1. Laba kotor
  2. Laba dari operasi
  3. Laba bersih

Adapun penjelasan jenis – jenis laba diatas sebagai berikut :

-Laba kotor

“Laba kotor yaitu perbedaan antara pendapatan bersih dan penjualan dengan harga pokok penjualan”.

Laba kotor adalah gambaran umum mengenai keuntungan yang diperoleh oleh sebuah usaha. Laba kotor belum bisa digunakan/dialokasikan sepenuhnya karena masih harus diproses untuk mendapatkan laba bersih.

-Laba dari operasi

“Laba dari operasi yaitu selisih antara laba kotor dengan total beban biaya”.

-Laba Bersih

“Laba bersih yaitu angka terakhir dalam perhitungan laba rugi dimana untuk mencarinya laba operasi bertambah pendapatan lain-lain dikurangi oleh beban lain-lain”.

Karenanya dapat diketahui bahwa laba bersih adalah keuntungan perusahaan yang diperoleh setelah dikurangi dengan seluruh biaya-biaya yang ditanggung dalam operasional perusahaan.

KONTEN MENARIK LAINNYA
x