Mohon tunggu...
Harris Aryadin
Harris Aryadin Mohon Tunggu... Freelancer - Freelancer

Agribisnis

Selanjutnya

Tutup

Healthy Pilihan

Menu Sahur Sehat: 5 Jenis Buah yang Cocok untuk Sahur

1 Maret 2024   11:27 Diperbarui: 1 Maret 2024   11:34 101
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Ilustrasi buah-buahan segar (pixabay.com/silviarita)

Sebentar lagi, kita sebagai umat muslim akan menjalankan ibadah puasa Ramadhan. Ibadah puasa selama 1 bulan penuh tersebut, akan diprediksi dimulai pada, Selasa 12 Maret 2024. 

Sahur merupakan salah satu kegiatan yang penting dalam bulan Ramadhan. Sahur adalah aktivitas mengkonsumsi makanan atau minuman sebelum seseorang memulai berpuasa, dan dapat dilakukan pada dini hari sampai dengan waktu Imsak. 

Meskipun hukumnya Sunnah, namun Rasulullah SAW tetap menganjurkan umat muslim untuk sahur, walaupun dengan hanya seteguk air. "Makan sahur adalah barakah, maka janganlah kalian meninggalkannya meskipun salah seorang diantara kalian hanya minum seteguk air " (HR. Ahmad)

Selain dari itu, sahur juga menjadi cara kita untuk mempersiapkan tubuh agar dapat menahan lapar dan haus sepanjang hari. Pilihan makanan yang tepat dapat membantu menjaga energi dan kesehatan kita selama berpuasa. Salah satu opsi yang sangat baik adalah buah-buahan yang kaya akan nutrisi.

Berikut adalah lima buah yang cocok untuk dikonsumsi saat sahur:

1. Pisang

Pisang adalah pilihan yang sangat baik untuk sahur. Kaya akan karbohidrat kompleks, serat, dan kalium, pisang dapat memberikan energi yang tahan lama dan membantu menjaga tekanan darah tetap stabil. Selain itu, pisang juga mudah dicerna, sehingga cocok untuk dikonsumsi sebelum memulai puasa.

2. Kurma

Kurma adalah makanan yang sering dikonsumsi sebagai hidangan sahur atau berbuka puasa. Kurma mengandung banyak energi dan serat, serta mengandung mineral penting seperti kalium dan magnesium. Selain itu, kurma juga memiliki indeks glikemik rendah, yang berarti mereka dapat memberikan energi secara bertahap selama berpuasa.

3. Apel

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Healthy Selengkapnya
Lihat Healthy Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun