Mohon tunggu...
Wahyu Triasmara
Wahyu Triasmara Mohon Tunggu... Dokter - Owner Klinik DRW Skincare

Seorang manusia biasa kebetulan berprofesi dokter yang ingin berbagi cerita dalam keterbatasan & kesederhanaan.

Selanjutnya

Tutup

Healthy Pilihan

Tips Memilih Skincare Sesuai Jenis Kulit

5 April 2024   16:40 Diperbarui: 5 April 2024   16:44 93
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Src. Freepik.com, tips memilih skincare sesuai jenis kulit

Setiap jenis kulit tidak boleh menggunakan produk skincare sembarangan. Oleh karena itu, setiap produk skincare harus diformulasikan sesuai dengan kebutuhan kulit. Simak tips memilih skincare sesuai jenis kulit berikut untuk informasi seputar produk perawatan kulit yang harus digunakan.

Produk skincare yang baik adalah produk dengan kandungan yang sesuai dan dibutuhkan oleh kulit. Jika pemakaiannya tidak sesuai, maka akan ada permasalahan serta keluhan yang timbul. Oleh karena itu, simak tips memilih skincare sesuai jenis kulit berikut:

Skincare untuk Kulit Kusam
- Pilih produk skincare yang mengandung Niacinamide, TXA, Vitamin C, Alpha Arbutin, Retinol, Syimwhite337
- Usahakan juga untuk rajin mengeksfoliasi 2-3 kali seminggu agar kotoran pada kulit dapat teratasi.

Skincare untuk Kulit Kering
- Selain wajib mengutamakan produk yang bisa menghidrasi kulit, pilih produk dengan kandungan Hyaluronic Acid dan Ceramide.
- Selain menggunakan produk skincare di atas, jangan gunakan air panas saat mandi karena akan menyebabkan kulit semakin iritasi.

Skincare untuk Kulit Berminyak
- Usahakan produk skincare yang mengandung Hyaluronic Acid, Niacinamide, Salicylic Acid, Dimethicone, Retinol, dan Asam Glikolat untuk mengatasi kulit berminyak. Hindari skincare dengan bahan alkohol yang berlebihan.


Skincare untuk Kulit Sensitif dan Berjerawat
- Karena kulit berjerawat umumnya sangat sensitif, lebih baik hindari produk dengan kandungan yang berbahaya. Disarankan untuk memilih produk dengan Centella Asiatica, Tea Tree, Mugwort, Salicylic Acid, dan Cica.

Itulah beberapa tips memilih produk skincare yang sesuai dengan jenis kulit. Jika menerapkan pemakaian produk skincare secara rutin dan berurutan, maka kulit akan memberikan perfoma yang lebih maksimal.

Selain itu, hindari pemakaian produk skincare yang tidak sesuai untuk mengurangi efek buruk dan keluhan pada kulit yang semakin parah. Jika terjadi, segera konsultasikan dengan ahli untuk mendapatkan penanganan yang tepat.

Mohon tunggu...

Lihat Konten Healthy Selengkapnya
Lihat Healthy Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun