Mohon tunggu...
Ihsan Zubaidi
Ihsan Zubaidi Mohon Tunggu... Sales - Penulis

Penyuka Makanan Indonesia Autentik

Selanjutnya

Tutup

Foodie Pilihan

5 Jenis Makanan Ringan Sehat untuk Konsumsi Sehari-Hari

10 April 2024   08:18 Diperbarui: 10 April 2024   08:37 93
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
sumber: https://www.fimela.com/lifestyle

Makanan ringan adalah bagian yang penting dari pola makan sehari-hari. Tetapi, terlalu sering, makanan ringan menjadi sumber kalori kosong yang tidak memberikan nutrisi yang diperlukan oleh tubuh. Namun, ada banyak pilihan makanan ringan yang sehat dan lezat yang bisa Anda nikmati tanpa merasa bersalah. Berikut adalah lima jenis makanan ringan yang sehat yang bisa Anda pertimbangkan:

1. Buah-buahan Segar:
   Buah-buahan segar adalah pilihan makanan ringan yang kaya akan serat, vitamin, dan antioksidan. Buah-buahan seperti apel, pir, jeruk, stroberi, dan buah-buahan beri lainnya adalah pilihan yang baik. Anda bisa menikmatinya langsung atau membuatnya menjadi campuran buah salad.


2. Sayuran Dip dengan Hummus:
   Sayuran segar seperti wortel, seledri, paprika, atau mentimun dipadukan dengan hummus adalah pilihan makanan ringan yang sehat dan lezat. Hummus merupakan sumber protein nabati yang baik dan kaya akan serat, sehingga membuatnya menjadi pilihan yang memuaskan dan bergizi.

3. Almond atau Kacang Panggang:
   Kacang-kacangan panggang seperti almond, kenari, atau kacang mede merupakan sumber lemak sehat, protein, dan serat. Makanan ringan ini dapat memberikan rasa kenyang lebih lama dan membantu menjaga kadar gula darah tetap stabil.

4. Yogurt Greek dengan Campuran Buah dan Biji-bijian:
   Yogurt Greek rendah lemak merupakan sumber protein tinggi dan kaya akan probiotik yang baik untuk kesehatan pencernaan. Tambahkan potongan buah-buahan segar seperti pisang, blueberry, atau kiwi, serta biji-bijian seperti chia seed atau biji labu untuk menambahkan tekstur dan nutrisi tambahan.

5. Popcorn Tanpa Mentega:
   Popcorn yang dimasak tanpa mentega adalah pilihan makanan ringan rendah kalori yang kaya akan serat. Popcorn juga mengandung polifenol, senyawa antioksidan yang dapat membantu melawan radikal bebas dalam tubuh. Hindari pop corn yang telah dimasak dengan mentega dan tambahan garam berlebihan.

Memilih makanan ringan yang sehat adalah kunci untuk menjaga kesehatan dan mendukung pola makan seimbang. Cobalah untuk memasukkan beberapa pilihan makanan ringan sehat ini ke dalam rutinitas harian Anda untuk mendapatkan nutrisi yang dibutuhkan oleh tubuh Anda.

Mohon tunggu...

Lihat Konten Foodie Selengkapnya
Lihat Foodie Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun