Mohon tunggu...
Alvin BatistutaS
Alvin BatistutaS Mohon Tunggu... Mahasiswa Biasa

Aloo Guys

Selanjutnya

Tutup

Travel Pilihan

Pesona Alam Pantai Ngandong Gunung Kidul, Yogyakarta

30 April 2021   07:23 Diperbarui: 30 April 2021   07:24 251 3 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Pesona Alam Pantai Ngandong Gunung Kidul, Yogyakarta
Pelangi di Pantai Ngandong, Image via: Pribadi

Pantai Ngandong terletak di Desa Sidoarjo, Kecamatan Tepus, Kabupaten Gunung Kidul, Yogyakarta. Pantai ini jaraknya sekitar 2 jam perjalanan dari kostku yaitu yang terletak di pusat kota Yogyakarta.

Rute Menuju Pantai Ngandong dari pusat kota Yogyakarta yaitu melewati daerah Piyungan lalu Patuk lalu Sambipitu lalu Pertigaan timur Lanud TNI Gading belok ke arah kanan kemudian menuju Playen lalu Paliyan lalu Saptosari. Kemudian sampai ke pertigaan sebelum masuk kawasan Pantai Baron ke arah timur. Lalu ambil jalan yang beraspal hingga menemukan pintu masuk Pantai Sundak. lalu baru menuju Pantai tujuan. Ada rute yang lebih pendek. Yaitu melalui Yogyakarta kemudian lewat Imogiri -- Panggang -- Saptosari. Sampai ke pertigaan sebelum masuk kawasan pantai Baron ke arah timur. Ikuti jalan yang beraspal hingga menemukan pintu masuk pantai Sundak dan akhirnya bisa menuju ke lokasi pantai Ngandong.

Mungkin masih banyak masyarakat yang belum tahu keberadaannya Pantai Ngandong. Pantai Ngandong tidak setenar dengan pantai lainnya yang berada di Gunung Kidul, Sebut saja seperti pantai Indrayanti, pantai Baron, pantai Drini, pantai Sadranan, dan beberapa pantai lainnya. Keindahan alam pantai Ngandong tidak kalah bagusnya dengan keindahan alam pantai lain di Gunung Kidul yang lebih di ketahui oleh masyarakat. Saya yakin ketika anda berkunjung kesini tidak akan cepat pulang, pasti masih ingin menikmati keindahan alam pantai ini dalam jangka waktu yang lama. Setiap pantai tentu memiliki keunikan atau pesona tersendiri sebagai daya tarik untuk dinikmati, tidak terkecuali salah satu pantai yang berada di Gunung Kidul ini yaitu pantai Ngandong. Keindahan dan pesona yang disuguhkan oleh pantai yang satu ini sehingga mampu membuat wisatawan untuk mengunjunginya, mari kita bahas di penjelasan berikutnya.

Sunrise di Pantai Ngandong, Image via: Pribadi
Sunrise di Pantai Ngandong, Image via: Pribadi

Keunikan alam yang ada di sekitar pantai Ngandong, Gunung Kidul tidak kalah indah dengan pantai yang berada di sebelahnya seperti pantai Sundak yang hanya di batasi oleh bukit besar di sebelah timur pantai. Keunikan yang di tawarkan di pantai Ngandong yaitu pasirnya yang putih, bukit karang carst, airnya yang jernih, dan momen bisa melihat sunset dan sunrise. Sebab pantai ini langsung menghadap ke Samudera Hindia. Dan lebihnya lagi pantai sedikit menjorok ke barat membentuk semacam tanjung. Banyak pemburu sunset maupun sunrise yang sengaja mengkhususkan diri datang ke pantai ini. Baik itu pengunjung lokal maupun wisatawan asing. Banyak diantara mereka yang memilih untuk menginap agar dapat memperoleh moment sunset maupun sunrise yang maksimal. Mungkin hal inilah yang mendorong perkembangan fasilitas penginapan yang memadai di sekitar pantai ini.

Untuk tiket masuk Pantai Ngandong Gunungkidul adalah Rp 10.000 per orang. Harga tersebut sudah termasuk satu paket dengan biaya masuk pantai lain yang ada di sekitarnya seperti Pantai Ngrumput, Pantai Baron, Pantai Drini, Pantai Sepanjang, Pantai Kukup, Pantai Watu Kodok, Pantai Sarangan, Pantai Sadranan, Pantai Krakal, dan pantai lainnya yang termasuk dalam paket. Jadi, harga ini sangat terjangkau dan murah bagi Anda yang hendak berlibur ke Pantai Ngandong Daerah Istimewa Yogyakarta.

Fasilitas wisata di pantai ini memiliki fasilitas yang lengkap. Fasilitas penunjang yang tersedia meliputi toilet, musala, tempat makan, tempat menginap, permainan air, camping ground, serta tempat parkir untuk mobil dan motor. Di Pantai Ngandong, Anda juga bisa membeli ikan dari nelayan setempat untuk oleh-oleh. Lokasi tempat pelelangan ikan tidak jauh dari pantai, jadi Anda bisa ke sana dan melihat banyak nelayan berkumpul menawarkan ikan hasil tangkapan mereka.

VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x