Mohon tunggu...
Abimana Parameswara
Abimana Parameswara Mohon Tunggu... Mahasiswa - KKN T Malang 2 Ikom Unesa

KKN Tematik Ilmu Komunikasi Unesa domisili Desa Purwodadi, Kecamatan Donomulyo, Kabupaten Malang

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud

Menilik Potensi UMKM Melalui Kelas Digital Marketing

28 Mei 2022   08:40 Diperbarui: 28 Mei 2022   08:45 268
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Abimana Parameswara - Kelompok  KKN-T (Kuliah Kerja Nyata Tematik) Prodi Ilmu Komunikasi, Abimana Parameswara bekerja sama dengan Adimayapada dalam kegiatan pengoptimalisasian sosial media sebagai wadah membangun branding produk UMKM melalui kelas media sosial yang mengangkat tema "Mengembangkan Perluasan Pasar UMKM melalui Digital Marketing". 

Kegiatan yang melibatkan warga terutama bagi pelaku UMKM Desa Purwodadi ini berlangsung di Balai Desa Purwodadi, Rabu 25 Mei 2022.

Kegiatan ini merupakan output lanjutan setelah KKN-T Ilmu Komunikasi  menggelar Kelas Dasar Bisnis dengan menggandeng Dinas Koperasi dan UMKM Kabupaten Malang pada 19 Mei sebelumnya.

Kegiatan yang dihadiri para pelaku usaha yang tergabung dalam KUBE (Kelompok Usaha Bersama) ini bertujuan guna memandu para pelaku UMKM dalam mengembangkan produk usaha mereka melalui market digital.

Diskusi tentang pengembangan bisnis kedepannya. Dokpri
Diskusi tentang pengembangan bisnis kedepannya. Dokpri
Materi tentang sosial media sebagai wadah untuk memasarkan produk UMKM, dibawakan oleh dua content creator yakni Renvilia Alungga  dan Nur Fadhila mahasiswa Ilmu Komunikasi Universitas Negeri Surabaya.

Para pelaku UMKM yang hadir sangat antusias menyimak materi. Kegiatan yang dilanjutkan dengan membuat akun instagram ini dipandu oleh LO dari peserta KKN-T Ilmu Komunikasi. 

Tahap demi tahap dilakukan diantaranya dari membuat email usaha, merubah instagram ke akun bisnis agar memudahkan produk tertuju sesuai dengan pasarnya, mengisi data-data  terkait usaha dan lain-lainnya dilakukan pada saat itu juga. 

Pengagendaan kelas berikutnya yakni monitoring lanjutan yang membahas terkait desain produk dan praktik langsung pemasaran pada digital marketing yang sudah dibuat.

LO memandu dalam pembuatan akun bisnis. Dokpri
LO memandu dalam pembuatan akun bisnis. Dokpri
Beberapa produk seperti sale pisang, keripik tahu, aneka kue kering, dan berbagai produk lainnya sudah berhasil membuat akun sosial media untuk dipasarkan lebih luas.


Tidak hanya itu monitoring selanjutnya juga akan membantu terkait pembaharuan logo kemasan agar  terlihat lebih kekinian, lengkap, dan pastinya menarik.


Renvilia sebagai pemandu materi kelas sosial media berharap setelah adanya kelas ini, produk-produk UMKM dapat bergerak ke ranah digital yang lebih luas subagai upaya pengembangan penjualan UMKM di wilayah Purwodadi.

"Saya harap dengan output pembuatan media sosial tiap-tiap UMKM dapat membantu meningkatkan penghasilan masyarakat terutama bagi pelaku UMKM desa. Membantu pemasaran produk dengan beragam cara yang berbeda, mampu meningkatkan citra produk yang lebih menarik serta inovatif. Selain itu, dengan ini konsumen dapat lebih mudah dan efisien dalam membeli produk tanpa harus datang ke tempat penjualnya" tambahnya.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun