Mohon tunggu...
khalista fani
khalista fani Mohon Tunggu... Freelancer - mahasiswa

Allah

Selanjutnya

Tutup

Pendidikan

Peran Orangtua Terhadap Pertumbuhan dan Perkembangan pada Anak

22 Oktober 2019   12:55 Diperbarui: 22 Oktober 2019   13:28 3273
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Pendidikan. Sumber ilustrasi: PEXELS/McElspeth

Seperti yang telah kita ketahui bahwa orang tua sangat penting dalam  peran pendidikan seorang anak apalagi seorang ibu karena ibu adalah guru pertama bagi anak anaknya. Salah satu perat penting orang tua terhadap anak adalah ketika anak sedang dalam masa pertumbuhan dan perkembangan. 

Pertumbuhan dan perkembangan tidak muncul dengan sendirinya, melainkan dengan proses proses dan cara yang berbeda beda. Dan di sanalah peran orang tua menjadi salah satu peran yang penting dalam pertumbuhan dan perkembangan pada anak.

Apabila pertumbuhan dan perkembangan anak tidak di bantu atau di dampingi oleh orang tua maka akan menghambat pertumbuhan dan perkembangan pada mereka, atau jika tidak menghambat, pertumbuhan dan perkembangan tersebut menjadi lambat atau tidak maksimal. Karena anak sangat membutuhkan bantuan orang tua dalam pertumbuhan dan perkembangannya.

PENGERTIAN PERTUMBUHAN DAN PERKEMBANGAN PADA ANAK
Pertumbuhan memiliki kata asal "tumbuh" kata tersebut memiliki arti timbul (hidup) dan bertambah besar atau sempurna. Sehingga secara istilah, pertumbuhan memiliki pengertian perubahan secara kuantitatif pada fisik manusia karena beberapa faktor (faktor internal dan faktor eksternal). Pertumbuhan adalah perubahan ukuran dan bentuk tubuh atau anggota tubuh.

Perubahan kuantitatif ini dapat di ukur atau dinyatakan dan dapat di amati secara jelas. Contoh : sesuatu yang kecil menjadi besar, yang pendek menjadi tinggi, yang kurus menjadi gemuk dan lain sebagainya. Setelah kita pelajari, pertumbuhan itu memiliki 2 faktor yaitu faktor internal dan faktor eksternal. Faktor internal berasal dari gizi, makanan dll sedangkan faktor eksternal itu dengan adanya lingkungan setikar dan pola hidup. 

Kedua faktor tersebut sangat berpengaruh pada pertumbuhan manusia. Tetika pertumbuhan hanya ada salah satu diantara dua faktor tersebut maka akan menghambat pertumbuhan seorang anak atau pertumbuhan tersebut tidak maksimal, sedangkan apa bila kedua faktor tersebut dapat di terapkan pada pertumbuhan seseorang maka pertumbuhan tersebut akan menjadi pertumbuhan yang maksimal meskipun pertumbuhan tersebut tidak terlalu sempurna.

Yang selanjutnya adalah perkembangan. perkembangan  merupakan suatu proses yang menggambarkan perilaku kehidupan sosial psikologi manusia pada posisi yang harmonis di dalam lingkungan masyarakat yang lebih luas dan komplek. Perkembangan juga merupaka perubahan mental yang berlangsung secara bertahap dan dalam waktu tertentu dari kemampuan yang sederhana menjadi kemampuan yang lebih sulit, misalnya kecerdasan, sika, perilaku, dan sebagainya.  

Perkembangan tentu memiliki perbedaan dengan pertumbuhan. Pertumbuhan yaitu identik dengan secara kuantitatif, maka jika perkembangan itu identik dengan perubahan secara kualitatif. Arti kata perkembangan adalah pertambah, memekar atau membentang. 

Dalam ilmu psikologi perkembangan meliliki arti perubahan secara kualitatif pada ranah rohani dan jasmani manusia menuju ke arah yang lebih baik atau ke arah yang sempurna. Yang di maksud dengan perubahan perkembangan fisik pada manusia adalah pertumbuhan pada organ-organ manusia.

ASPEK ASPEK PERTUMBUHAN DAN PERKEMBANGAN PADA ANAK.
Pertumbuhan di beri makna dan di gunakan untuk menyatakan perubahan perubahan ukuran fisik yang secara kuantitatif semakin besar atau semakin panjang, sedangkan istilah perkembangan di beri makna dan di gunakan untuk menyatakan terjadinya perubahan perubahan aspek psikologi dan aspek sosial.

Setiap individu pada hakikatnya akan mengalami pertumbuhan fisik dan perkembangan non fisik yang meliputi aspek aspek intelek, emosi, sosial, bahasa, bakat khusus, nilai dan moral, serta sikap.

Pertumbuhan fisik
Pertumbuhan pada manusia merupakan perubahan fisik menjadi lebih besar dan lebih panjang, dan proses ini terjadi sejak anak belum lahir hingga anak tersebut menjadi dewasa. Masa sebelum lahir merupakan pertumbuhan dan perkembangan manusia yang sangat kompleks, karena pada masa itu merupakan awal terbentuknya organ organ tubuh dan tersusunnya jaringan saraf demi terbentuknya sistem yang lengkap, pertumbuhan dan perkembangan pada anak berakhir pada saat anak tersebut di lahirkan oleh seorang ibu.

Kelahiran pada dasarnya merupakan pertanda kematangan biologis dan jaringan saraf masing-masing komponen biologis telat mampu berfungsi dengan sendirinya. pertumbuhan dan perkembangan fungsi bologis setiap orang memiliki pola dan urutan yang teratur. 

Pertumbuhan fisik secara langsung dan tidak langsung sangat mempengaruhi perilaku seorang dalam dalam kehidupan sehari hari. Secara langsung pertumbuhan fisik seorang anak akan menentukan keterampilan anak dalam bergerak, dengan adanya orang tua atau seorang ibu di rumah, dapat membantu seorang anak untuk berketerampilan di dalam atau pun di luar rumah. 

Pertumbuhan tersebut mempengaruhi bagaimana anak ini memamndang dirinya sendiri dan bagaimana ia memandang orang lain. Setiap anak itu mempunyai masa pertumbuhan dan masa perkembangan masing masing, walaupun secara keseluruhan tetap memmerlihatkan keteraturan, ada beberapa anak yang mengalami pertumbuhan dengan cepat dan ada juga yang mengalami pertumbuhannya itu dengan lambat.

Dalam pertumbuhan dan perkembangan anak, pendidikan keluarga sangat berperan dalam mengembangkan watak, kepribadian, nilai nilai budaya, nilai -- nilai keagamaan dan moral, serta ketampilan keterampilan sederhana pada anak. orang tua dapat membantu pertumbuhan dan perkembangan yang terjadi pada anak dengan memberikan asupan asupan atau makanan makanan yang bergizi bagi anak.

Kesehatan anak sangat berpengaruh dalam pertumbuhannya. Dalam hal ini bertujuan untuk membimbing anak menjadi manusia yang beriman, berakhlak mulia, tangguh, mandiri, inovatif, kreatif, beretos kerja, setia kawan, dan peduli terhadap lingkungannya. 

Pada masa pertumbuhan dan perkembangan anak tidaklah cukup hanya dngan masalah gizi dan kesehatan melainkan harus dilengkapi pula dengan memperkenalkan pendidikan sebagai kesatuan yang utuh dan terpadu, oleh sebab itu sudah saatnya memasukkan aspek atau memberikan dasar dasar pendidikan dalam program usia dini sehinggga semuanya itu menjadi kesatuan yang utuh walaupun belum dapat menjangkau semua anak, hal yang lain adalah memberikan perantaran pertumbuhan anak tersebut dengan mengajak anak berbicara dan memberikan beberapa bentuk mainan yang menarik dengan tujuan untuk membentuk keterampilan dan kecakapan pada anak tersebut. 

Dalam pembentukan kepribadian seorang anak, orang tua dapat mengajarkan cara berbahasa dalam pergaulan anak sehari hari, juga ada kebiasaan kebiasaan yang baik yang diberikan kepada anak tersebut. Ketika seorang anak sudah mulai tumbuh dan berkembang sedikit demi sedikit, anak mulai di kenalkan dengan hal -- hal yang baik dengan hal hal yang di larang oleh agama dan lainnya. Dalam pertumbuhannya, setiap bagian tubuh itu mempunyai perbedaan tempo kecepatan yang berbeda.

Tidak hanya pertumbuhan, perkembangan juga berpengaruh pada anak. Dalam pertumbuhan seorang anak tugas orang tua adalah membantu dan memantau perkembangan anak tersebut. Perkembangan berarti perubahan individu baik secara struktur atau fungsi organ melalui kematangan dan proses belajar yang terjadi sepanjang hayat sehingga meninggal dunia. 

Dalam perkembangan tidaklah terbatas pada semakin sempurna tetapi juga terkandung rangkaian perubahan secara terus menerus, melalui suatu tahap yang sederhana keteahap yang berikutnya yang semakin tinggi dan maju walaupun sulit diukur dengan alat ukur. Beberapa perkembangan pada manusia seperti :

1. Perkembangan fisik

Perkembangan fisik pada manusia dapat mencakup pertumbuhan biologis misalnya pertumbuhan otot, otak, serta penuaan dengan berkurangnya ketajaman pandangan mata dan berkurangnya kekuatan-kekuatan otot.

2. Perkembangan kognitif

Perkembangan kognitif pada manusia mencakup perubahan--perubahan dalam berfikir, kemampuan berbahasa yang terjadi melalui proses belajar.

3. Perkembangan psikososial

Perkembangan psikososial terkaitan dengan perubahan perubahan emosi dan identitas pribadi individu yaitu bagaimana seseorang berhubungan dengan keluarga, teman --teman dan gurunya.

Pertumbuhan dan perkembangan walaupun hampir sama tetapi ada perbedaanya yaitu perkembangan akan berlanjut terus hingga manusia mengakhiri hayatnya sedangkan pertumbuhan hanya terjadi sampai manusia mencapai kematangan fisik artinya bahwa individu tidak akan bertambah tinggi atau besar jika batas pertumbuhan tubuhnya telah mencapai tingkat kematangan. 

Dalam masa pertumbuhan dan perkembangan anak pasti ada beberapa faktor yang dapat mempengaruhi hal tersebut, dan faktor ini juga sangat berperan penting dalam proses perkembangan pada manusia diantara adalah keturunan, sosial ekonomi, pengalaman, pendidikan,  sosial kulturasi, kesehatan, dan latar belakang kehidupan keluarga. Dalam perkembangan pribadi seorang anak dapat berkembang karena dari hasil pengalaman -- pengalaman yang di dapatkan atau di peroleh anak tersebut. 

Pengalaman -- pengalaman ini sangat berpengaruh dengan anak, misalnya : seoarang anak mengikuti perlombaan perkemahan sabtu malam minggu, dari kegiatan yang ada pada perkemahan tersebut si anak akan mendapatkan beberapa pengalaman yang berhubungan dengan hal tersebut juga akan membuat pola pikir anak menjadi lebih baju dan berkembang.

Kegiatan belajar pada anak juga membantu mereka dalam masa pertumbuhannya. Dari kegiatannya belajar, anak akan dapat bergerak dan berfikir lebih maju dan kritis yang dapat membantu diri mereka sendiri dalam menuju proses perkembangan itu sendiri. Pendidikan adalah suatu wadah atau tempat dimana anak -- anak dapat menerima ilmu pengetahuan, wawasan, pengarahan, dan bimbingan.

Dan disinilah peran orang tua yang dibutuhkan ketika anak sedang dalam masa perkembangan yaitu ketika anak sedang belajar, orang tua menemani mereka belajar dan membantu mereka ketika mereka sedang dalam kesulitan memahami tentang hal --hal di sekitarnya, membantu mereka memberi wawasan yang luas dengan menceritakan sejarah sejarah yang telah di alami pada zaman Rasulullah SAW , membimbing mereka ketika mereka sedang tidak ingin belajar dan lain sebagainya.

Pendidikan juga sangat mempengaruhi perkembangan pada anak jika pendidikan yang di peroleh anak tersebut baik, maka anak juga akan berkembang dengan baik juga, tetapi apabila sebaliknya jika pendidikan yang di peroleh anak tersebut buruk maka perkembangan pada anak pun akan terhambat. Keturunan juga merujuk pada faktor hereditas seorang individu misalnya : bentuk wajah, gender, otot, tinggi badan, berat badan, dan temperamen.

Faktor keturunan memiliki peran penting dalam membentuk kepribadian seseorang. Dengan adanya faktor keturunan akan menjadikan anak berbeda beda dalam sifat dan pertumbuhannya. Faktor lain yang lebih berpengaruh atau yang memiliki pengaruh yang cukup besar terahdap anak adalah faktor lingkungan sekitar karena lingkungan adalah tempat dimana anak tersebut tumbuh dan di besarkan oleh orang tuanya, dari lingkungan itulah anak akan mengenal, bermain dan berbaur dengan yang lainnya. 

Apabila lingkungan di sekitar anak itu baik maka pergaulan dan pengaruh yang di dapatkan anak tersebut adalah baik tetapi apabila yang terjadi sebaliknya atau lingkungan itu membawa pengaruh pengaruh yang negatif maka akan menjadikan anak bertumbuh dan berkembang dengan buruk.

KESIMPULAN

Pertumbuhan adalah perubahan ukuran dan bentuk tubuh atau anggota tubuh. Perubahan kuantitatif ini dapat di ukur atau dinyatakan dan dapat di amati secara jelas. Dan perkembangan  merupakan suatu proses yang menggambarkan perilaku kehidupan sosial psikologi manusia pada posisi yang harmonis di dalam lingkungan masyarakat yang lebih luas dan komplek. 

Orang tua sangat berperan penting dalam proses pertumbuhan dan perkembangan pada anak terutama seorang ibu. Karena pendidikan yang sederhana itu akan di dapat kan dari orang tuanya melalui kebiasaan kebiasaan yang diberikan kepada anak tersebut. Faktor -- faktor yang dapat mempengaruhi pertumbuhan dn perkembangan anak adalah keturunan, sosial ekonomi, pendidikan dan lingkungan. 

Faktor yang paling berpengaruh terhadap perkembangan dan pertumbuhan anak adalah faktor lingkungan karena di lingkungan itulah anak di bibesarkan dan di berikan pendidikan dari hal -- hal yang kecil hingga kepada hal hal yang besar.

DAFTAR PUSTAKA

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
Mohon tunggu...

Lihat Konten Pendidikan Selengkapnya
Lihat Pendidikan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun