Mohon tunggu...
karina ayuningtias
karina ayuningtias Mohon Tunggu... Mahasiswi Jurusan Farmasi UMM

Tanjungpinang-Malang

Selanjutnya

Tutup

Edukasi

Promosi Potensi Desa: Budidaya Ikan Lele melalui Media Sosial

25 September 2020   21:25 Diperbarui: 25 September 2020   21:40 23 1 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Promosi Potensi Desa: Budidaya Ikan Lele melalui Media Sosial
dok. pribadi

dok. pribadi
dok. pribadi
Setiap desa pasti memiliki potensi nya masing-masing untuk dapat dijadikan sumber pendapatan desa namun tak banyak desa yang sudah memahami secara benar bagaimana mempromosikan potensi desa tersebut melalui platform media sosial, seperti Facebook, Intasgram, Twitter, Media Blog, YouTube dan lain sebagainya agar lebih banyak dikenal masyarakat luas dan menarik para pelancong untuk datang dan menikmati potensi desa yang dimiliki.

Perkembangan media sosial saat ini sangatlah pesat, pertukaran informasi lebih cepat dengan keberadaan media sosial. Asosiasi Penyelenggara Jasa Internet Indonesia (APJII) mengatakan bahwa ada tiga media sosial yang banyak dikunjungi, yang pertama yaitu Facebook berada pada posisi teratas yang banyak digunakan oleh penguna media sosial di Indonesia dengan 71,6 juta pengguna atau sekitar 54%. 

Selanjutnya diposisi kedua ditempati oleh Instagram yang merupakan media sosial yang digunakan untuk berbagai foto, video dan cerita pendek dengan pengguna di Indonesia sebanyak 19,9 juta atau 15% dan posisi ketiga ditempati oleh YouTube yang merupakan media sosial dengan layanan berbagi video berdurasi panjang tersebut dengan pengguna di Indonesia sebesar 14,65 juta atau sekitar 11%.

Dari data tersebut dapat disimpulkan bahwasannya peluang mempromosikan potensi desa yang dimiliki Desa Girimoyo melalui media sosial sangatlah besar.

Oleh karena itu Kelompok 59 gelombang 8 PMM Universitas Muhammadiyah Malang melakukan kegiatan Pengabdian Masyarakat oleh Mahasiswa di Desa Girimoyo, Kabupaten Malang, Jawa Timur.

Desa Girimoyo memiliki beberapa potensi desa yang dimana salah satunya ialah Pembudidayaan Ikan Lele yang sudah berjalan kurang lebih 1 tahun.

Budidaya Ikan Lele yang dilakukan sudah berkembang cukup baik, namun sayangnya belum dipromosikan dengan benar agar dapat dikenal lebih banyak masyarakat luas, karena hal tersebut kelompok 59 gelombang 8 PMM UMM berinisiatif membantu mempromosikan potensi yang dimiliki Desa Girimoyo melalui media sosial.

Media sosial yang akan digunakan guna mempromosikan Budidaya Ikan Lele yang sudah disepakati secara bersama yaitu Instagram dan Facebook. Dimana Kelompok 59 gelombang 8 PMM UMM membantu membuatkan media sosial tersebut.

Selanjutnya kedua media sosial akan dipromosikan lagi melalui media sosial masing-masing anggota kelompok PMM dan juga bekerjasama dengan beberapa media online untuk membantu mempromosikan potensi yang dimiliki Desa Girimoyo yaitu Budidaya Ikan Lele.

VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x