Mohon tunggu...
Cuham Beib
Cuham Beib Mohon Tunggu... Wiraswasta - Menjadikan Sepeda Sebagai Moda Transportasi sehari-hari kemana saja,

Penulis amatiran, ringan , dan sederhana. Penikmat sepeda harian. Icon Bersepeda itu Baik.

Selanjutnya

Tutup

Hobby

Resensi Buku : "1 Dekade Perjalanan Bersepedaku", Tahun 2008 - 2018

4 Desember 2021   16:34 Diperbarui: 4 Desember 2021   17:12 207
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

BERSEPEDA merupakan hobi yang saya lakukan sejak Sekolah Dasar (SD), namun memasuki Sekolah Menengah Pertama (SMP) tahun 1985 hingga dewasa sekitar tahun 2007 jarang sekali bersepeda, bahkan tidak pernah.

Sempat juga sih saat bekerja di sebuah restoran cepat saji tahun 1994,  bersepeda  sesekali mengisi liburan bersama rekan-rekan kerja. Tapi, sejak saat itu saya benar-benar tidak melakukannya lagi seiring sepedanya yang rusak dan dibiarkan begitu saja tanpa diperbaiki.

Pada tahun 2008, saat menjadi tenaga honorer sebuah lembaga keagamaan, saya mulai tergerak ingin bersepeda kembali setelah mendengar dan melihat bahwa masa-masa itu tengah menghangatnya kembali masyarakat gemar bersepeda.

Hal itu juga karena terpicu oleh sebuah komunitas pesepeda gerakan  bernama  Bike to Work (B2W) Bandung yang tengah gencar-gencarnya mengkampanyekan bersepeda dan lingkungan dengan jargon memasyrakatkan bersepeda dan menyepedahkan masyarakat serta  let's act beyond green. Jiwa ingin berkomunitas pun tergerak sejak aktif di karang taruna dan lembaga pemberdayaan masyarakat.

Setelah memiliki sepeda dan bergabung ke B2W Bandung, sepeda yang saya miliki selain digunakan untuk berkumpul, dan mengikuti ragam kegiatan bersepeda seperti fun bike atau gowes bareng,  juga saya gunakan untuk moda trenportasi ke tempat kerja dan aktivitas apa saja, meskipun jaraknya relatif pendek-pendek.

Sejak itu, saya makin eksis di dunia sepeda hingga saat ini, berkomunitas, melakukan gerakan-gerakan kampanye bersepeda dan lingkungan, melakukan perjalanan dan petualangan bersepeda ke mana saja baik sendirian, terbatas, maupun beramai-ramai. Sampai di akhir tahun 2021 ini saya memutuskan meninggalkan eksistensi di dunia sepeda tapi tetap bersepeda dengan focus sebagai moda transportasi saja,

 Selain bersepeda, aktivitas yang sering saya lakukan adalah menulis, meskipun saya bukanlah penulis prosfesional dan tidak ada basic pendidikan menulis atau jurnalis. Saya hanya amatiran yang bisa secara otodidak. Dominan tulisan saya berisi tentang dunia sepeda dan lingkungan.

Tulisannya lebih banyak artikel, tapi sesekali menulis buku, salah satunya adalah buku berjudul 1 Dekade Perjalanan Bersepedaku tahun 2008 -- 2018. Merupakan refleksi perjalanan, pengalaman, petualangan, eksistensi, dan dinamika aktivitas bersepeda saya selama 10 tahun.

Buku yang covernya dibuat oleh Hisyam Nurul Hadi, salah seorang rekan dari tim teknis Forum Komunkasi Komunitas Pesepeda se-Bandung Raya ini terdiri dari 158 halaman dilampiri foto-foto. Isinya dicetak hitam putih .

Tulisan diawali quote notes saya, profil buku, dan Prakata dari saya tentang pembuatan buku tersebut. Selanjutnya Sekapur Sirih, berupa tulisan saya berjudul Bersepeda Menjaga Bumi dan Manfaat Bersepeda, yang pernah dimuat di kanal Bersepeda itu Baik (BEIB) Metrum media umum berbasis website, serta tulisan utama terdiri dari 5 sub judul.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Hobby Selengkapnya
Lihat Hobby Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun